PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA SDN SATAP 2 KONAWE SELATAN

Wulan Suci Ramdini, NIM. 18010104061., W (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA SDN SATAP 2 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Wulan Suci Ramdini, NIM. 18010104061. Judul “Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkn Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA SDN Satap 2 Konawe Selatan ”, Melalui bimbingan Dr. Masdin M.Pd & Muhammad Ilham S.Pd. M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran Mind Mapping pada peserta didik kelas VI SDN Satap 2 Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reserch). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN Satap 2 Konawe Selatan pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah peserta didik 22 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan 2x pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan peserta didik, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang dilakukan peneliti yaitu menghitung nilai rata-rata hasil belajar peserta didik, menentukan presentase ketuntasan belajar peserta didik dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan berdasarkan hasil tes yang diberikan. Pada pra siklus menunjukkan nilai rata-rata peserta didik yaitu 53,40 dengan persentase sebesar 31.81%. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan menjadi 63,18 dengan persentase sebesar 59,09% dan trend ini berlanjut pada siklus II dengan nilai rata-rata peserta didik 74,77 dengan persentase sebesar 95,45%. Dan presentase peningkatan hasil belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus II sebesar 41,27%. Kata Kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mind Mapping, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Bimbingan Dan Penyuluhan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:55
Last Modified: 14 Dec 2022 02:55
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4008

Actions (login required)

View Item View Item