GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH ASY- SYAFI’IYAH KOTA KENDARI

Husnul Khotimah. 18010103002., H (2022) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH ASY- SYAFI’IYAH KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Husnul Khotimah. 18010103002. Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Asy-syafi’iyah Kota Kendari. Dibimbing oleh: Erdiyanti S.Ag, M.Pd dan Dr.Akib M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Asysyafi’iyah Kota Kendari (2) untuk mendeskripsikan bagaimana kepala madrasah dalam memecahkan masalah dalam pengambilan keputusan (3) mendeskripsikan bagaimana cara kepala madrasah didalam menggerakkan bawahannya. Penelitian ini menggunakan metodekualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala Madrasah Tsanawiyah Asy-syafiiyah Kota Kendari adalah gaya demokratis dan otokratik dimana hal ini terbukti beliau dikenal sebagai sosok pemimpin yang memposisikan dirinya bukan sebagai seorang pejabat, melainkan sebagai seorang pemimpin yang berada ditengah-tengah organisasinya. (2) Cara kepala madrasah dalam memecahkan masalah dalam pengambilan keputusan yakni dengan memusyawarahkan masalah yang ada dengan para bawahan yang ada di madrsah tersebut mulai dari TU dan guru bahkan sampai dengan orang tua siswa jika masalah tersebut berasal dari siswa, kepala madrasah juga memberikan kesempatan kepada para bawahannya untuk menyampaikan pendapat, ide-ide maupun saran dalam proses pengambilan keputusan apabila semua anggota setuju dengan masukan tersebut dapat dijadikan pertimbangan kepala madrasah dalam pengambilan keputusan akhir. (3) cara kepala madrasah didalam menggerakan bawahannya yaitu dengan cara melakukan pembinaan secara rutin yang diadakan sebulan sekali, pembinaan dilakukan secara langsung pada saat rapat atau pada saat beliau berada dikantor guru. Kata Kunci: Kepala Madrasah, Kepemimpinan, Gaya kepemimpinan ABSTRACT Husnul Khotimah. 18010103002. Leadership Style Of The Head Of Madrasah Tsanawiyah Asy-syafi’iyah Kendari City. Supervised By: Erdiyanti S.Ag, M.Pd and Dr.Akib M.Pd This study aims to (1) describe how the leadership style is applied by the head of the madrasa at Madrasah Tsanawiyah Asy-syafi'iyah Kendari City (2) to describe how the head of the madrasa in solving problems in decision making (3) describe how the head of the madrasa in mobilizing his subordinates . This study used descriptive qualitative method. Data was collected using observation, interview and documentation techniques. Data analysis was carried out using the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study show: (1) the leadership style applied by the head of Madrasah Tsanawiyah Asy-syafiiyah Kendari City is a democratic and autocratic leadership style where it is proven that he is known as a leader who positions himself not as an official, but as a leader who is in the midst of the middle of the organization. (2) The method of the head of the madrasa in solving problems in decision making is by deliberating existing problems with the subordinates in the madrasa starting from TU and teachers even to the parents of students. If the problem comes from students, the head of the madrasa also provides opportunities for his subordinates to express opinions, ideas and suggestions in the decision-making process if all members agree with this input it can be taken into consideration by the head of the madrasa in making the final decision. (3) the method of the madrasah head in mobilizing his subordinates is by carrying out regular coaching which is held once a month, coaching is carried out directly at meetings or when he is in the teacher's office. Keywords: Madrasa Head, Leadership, Leadership style

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kepala Madrasah, Kepemimpinan, Gaya kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah, Kepemimpinan, Gaya kepemimpinan
Subjects: Manajemen
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 14 Dec 2022 06:45
Last Modified: 14 Dec 2022 06:45
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4011

Actions (login required)

View Item View Item