PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SMPN 1 WAWOTOBI KABUPATEN KONAWE

Resti Anjani Putri, NIM: 18010101111, R (2022) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SMPN 1 WAWOTOBI KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
SKRIPSI ANJANI_HALAMAN JUDUL_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ANJANI_BAB I_2.pdf

Download (586kB)
[img] Text
SKRIPSI ANJANI_BAB II_3.pdf

Download (691kB)
[img] Text
SKRIPSI ANJANI_BAB III_4.pdf

Download (745kB)
[img] Text
SKRIPSI ANJANI_BAB IV_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text
SKRIPSI ANJANI_BAB V_6.pdf

Download (600kB)
[img] Text
SKRIPSI ANJANI_LAMPIRAN_7.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Resti Anjani Putri, NIM: 18010101111, Judul : Pengaruh Penerapan Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PAI SMPN 1 Wawotobi Kabupaten Konawe, melalui bimbingan bapak Dr. Abdul Kadir, M.Pd. dan bapak Imaludin Agus, M.Pd Tujuan utama penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifkan pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 Wawotobi Kabupaten Konawe. (2) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMPN 1 Wawotobi Kabupaten Konawe. (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifkan pembelajaran daring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMPN 1 Wawotobi Kabupaten Konawe. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dimana penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti populasi dan sampel. Data dikumpulkan menggunkan instrument penelitian/alat ukur kemudian dianalisis dengan statistik atau secara kuantitatif. Pendekatan yang dilakukan dengan survei yang dilaksanakan di SMPN 1 Wawotobi Kabupaten Konawe dengan menggunakan stratified random sampling, penulis mengambil sampel 30% dari populasi yang berjumlah 218 siswa. Data pembelajaran daring dikumpulkan dengan menggunakan angket dan rata-rata nilai ulangan harian pada mata pelajaran PAI. Analisis data menggunkan analisis data deskriptif dengan menggunakan rumus menghitung rata-rata (mean), menghitung rentang (range), jumlah kelas interval, menetukan panjang kelas, menghitung persentase. Dan menggunakan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Autokorelasi, Uji Multikulinearitas) dan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, dimana pada analisis tersebut terdapat uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji F). pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar yaitu diperoleh nilai t hitung> t tabel (3,105>1,998). (2) sedangkan motivasi belajar didapatkan sebesar (3.962>1,998), dengan taraf signifikansi 5%. (3) pada uji didapatkan nilai F hitung> F tabel dengan nilai (32.124>3,15). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran daring dan motivasi belajar sebesar 50,9% terhadap hasil belajar. Pada persamaan regresi linear berganda diperoleh bahwa koefisien pembelajaran daring (

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 28 Dec 2022 07:08
Last Modified: 28 Dec 2022 07:08
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4045

Actions (login required)

View Item View Item