PENGARUH KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PERILAKU SISWA MAN 1 KONAWE SELATAN

SANREGO, NIM : 10010101092 (2015) PENGARUH KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PERILAKU SISWA MAN 1 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB I1.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK Sanrego, NIM. 10 01 01 01 092 “Pengaruh kepribadian guru terhadap perilaku siswa MAN 1 Konawe Selatan”. Melalui Bimbingan Dr. Abdul Kadir, M. Pd dan Jabal Nur s. Ag, M. Pd Perilaku merupakan salah satu aspek penting dari kepribadian yang sering dijadikan tolak ukur dalam menilai baik ataupun buruknya seseorang. Perilaku seseorang terbentuk dan di pengaruhi oleh lingkungan dan hereditas (bawaan). Diantara faktor lingkungan yang di duga sangat mempengaruhi perilaku siswa adalah guru. Guru merupakan model yang di tiru oleh siswa. Karena itu, kepribadian guru dapat mempengaruhi perilaku siswa. Masalah yang di kemukakan dalam penelitian ini adalah Perilaku siswa di MAN 1 Konawe Selatan tergolong relative artinya berbeda-beda, misalnya: merokok di belakang kelas, sering terlambat ke sekolah, keluar kelas tanpa izin guru, dan lain sebagainya dan ada pula yang datang ke sekolah tepat waktu, sering melakukan shalat dhuhur secara berjama’ah di mushollah, meminta izin saat keluar kelas, mengucapkan salam ketika masuk kelas, dan lain sebagainya. Guru di MAN 1 Konawe Selatan sering melakukan tindakan-tindakan yang tidak bersifat mendidik, seperti; merokok di dalam kelas, main HP pada saat proses belajar mengajar berlansung, terlambat datang ke sekolah, terlambat masuk di dalam kelas, dan lain sebagainya. Meskipun tidak semua guru melakukan tindakan yang bersifat tidak mendidik melainkan sebagian guru juga memberikan contoh yang baik kepada peserta didik, seperti: melaksanakan shalat dhuhur tepat waktu, sopan, tepat waktu (baik datang ke sekolah maupun masuk ke kelas), mengucapkan salam sebelum masuk di kelas, berpakaian rapi, dan lain sebagainya. Dari hasil observasi di atas menunjukkan bahwa perilaku siswa MAN 1 Konawe Selatan tergolong relative, artinya berbeda-beda. Sehubungan dengan perilaku siswa keteladanan guru sangat penting untuk pemberian contoh kepada peserta didik. Dalam hal ini adalah di lihat dari kepribadian guru itu sendiri. Dari persoalan di atas baik yang bersifat mendidik maupun yang tidak mendidik semuanya akan berdampak kepada perilaku peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa MAN 1 Konawe Selatan yang berjumlah 326. Sampel penelitian ini sebanyak 49 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada responden. Analisis menggunakan uji korelasi product moment dengan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian guru berpengaruh langsung positif terhadap perilaku siswa di MAN 1 Konawe Selatan. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,043 > 2,012), sehingga di putuskan H0 di tolah dan Ha di terima yang berarti bahwa hubungan kedua variabel positif dan signifikan. Dengan demikian, dapat di simpulkan kepribadian guru berpengaruh langsung positif terhadap perilaku siswa di MAN 1 Konawe Selatan. Kata kunci: kepribadian guru, perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Kadir, M. Pd dan Jabal Nur s. Ag, M. Pd
Uncontrolled Keywords: kepribadian guru, perilaku siswa
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 10 Oct 2017 07:56
Last Modified: 10 Oct 2017 07:56
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item