PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS ONLINE KELAS VB DI SD NEGERI 92 KENDARI

Atira Dewi, NIM. 16010104007., A (2022) PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS ONLINE KELAS VB DI SD NEGERI 92 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Atira Dewi, NIM. 16010104007. “Problematika Guru Dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Online Kelas VB Di SDN 92 Kendari ”Dibimbing oleh: Sufiani M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pelaksanaan kelas daring (online), dan problematika yang dihadapi guru tematik dalam proses pelaksanaan kelas daring (online) ) selama pandemi covid-19 pada pembelajaran tematik kelas VB di SD Negeri 92 Kendari beserta upaya penanganannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriktif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru tematik kelas VB dan 3 orang siswa kelas VB beserta orang tuanya. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan data tersebut dinarasikan dan ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan kelas daring (online) selama pandemi covid-19 pada pembelajaran tematik kelas VB dilakukan dengan tahapan perencanaan perangkat pembelajarannya, pelaksanaan pembelajaran melalui media Whatsapp dan media saluran TVRI sebagai penunjang pembelajaran, sedangkan proses evaluasi guru dilakukan dengan memeriksa tugas-tugas yang telah dikumpulkan oleh siswa di sekolah. 2) Problematika yang dihadapi guru tematik dalam proses pelaksanaan kelas daring (online) yaitu kurangnya kompetensi guru, minimnya fasilitas dan media pembelajaran yang menjadi keluhan bagi orang tua, kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, keterbatasan pendampingan orang tua, kurangnya Feedback pembelajaran dan melonjaknya Kebutuhan Kuota Internet. 3) Upaya mengatasi problematika tersebut yaitu berusaha memaksimalkan peran guru dalam proses pembelajaran, disamping itu guru berupaya mengikuti pelatihan atau workshop secara virtual untuk meningkatkan kompetensinya dan penyediaan bantuan pulsa data bagi guru dan siswa menjadi salah satu penunjang kelancaran proses pembelajaran bagi guru dan siswa. Kata Kunci: Problematika, Guru, Pembelajaran Daring (Online)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Problematika, Guru, Pembelajaran Daring (Online)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Guru, Pembelajaran Daring (Online)
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 30 Dec 2022 06:46
Last Modified: 30 Dec 2022 06:46
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4072

Actions (login required)

View Item View Item