HUBUNGANSARANAPEMBELAJARANDENGANEFEKTIVITAS BELAJARSISWA DI MTs AL-HIDAYAHTOSIBA KABUPATEN KOLAKA

NURHAFIDAH, NIM. 10010101094 (2015) HUBUNGANSARANAPEMBELAJARANDENGANEFEKTIVITAS BELAJARSISWA DI MTs AL-HIDAYAHTOSIBA KABUPATEN KOLAKA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
CAVER.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Nurhafidah. NIM: 10010101094, “HubunganSaranaPembelajaranDenganefektivitasbelajarsiswadi MTs Al-HidayahTosibaKabupatenKolaka”,(dibimbingOlehDrs. Masdin, M.Pddan IsnaHumaera, S.Ag, S.Pd, M.Pd) Skripsi ini membahas tentang hubungansaranapembelajarandenganefektivitasbelajarsiswa di MTs Al-HidayahTosibaKabupatenKolaka, dengan batasan masalah gambaransaranapembelajarandi MTs Al-HidayahTosibaKabupatenKolaka, dangambaranefektivitasbelajarsiswadi MTs Al-HidayahTosibaKabupatenKolaka.Adapun rumusan masalahnya yaitu Apakahterdapathubungan yang positifdansignifikansaranapembelajarandenganefektifitasbelajarsiswa di MTs Al-HidayahTosiba. Tujuan penelitian ini yaituuntukmengetahuihubungansaranapembelajarandenganefektifitasbelajar di MTs Al-HidayahTosiba. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu dengan cara angket, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus regresi linear sederhana, korelasi product momen, koefisiensi determinasi, dan ujit. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 163 orang dan sampel yang di tarik dari populasi adalah 33 orang.Tehnikpengambilansampelsecararandom sampling.Dimanatehnikinimengambilsecaraacaktanpamembedakansetiapanggotakarenasemuaanggotasamayaitusiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sarana pembelajaranyang terdapatdi MTs Al-HidayahTosibadikatagorikansedang dengan prolehan nilai yaitusebanyak 16 orang (48,48%), halinidapatdilihatdarihasiltabulasiangketsebesar1630dengannilai rata-rata 49,4dari15 item yang diisioleh33responden. Sedangkanefektivitasbelajarsiswadi MTs Al-HidayahTosibadikatagorikansedang dengan prolehan nilaiyaitusebanyak14 orang (42,42%), halinidapatdilihatdarihasiltabulasiangketsebesar1643dengannilai rata-rata 49,8dari15 item yang diisioleh33responden. Adapunhubungan sarana pembelajaran dengan efektivitas belajar siswadi MTs Al-HidayahTosibaditemukannilaiharga b danharga a, diperolehpersamaanregresisebagaiberikut:Y=3,8889 + 0,929X. Denganbesarnya X=65, akandiperoleh Y sebesar64,289, haliniberartibahwabilasaranapembelajaranmeningkat, makaefektivitasbelajarsiswaakanmeningkat pula. Kemudianberdasarkanperhitungankoefesiendeterminan (KD) makadiketahuihubungansaranapembelajarandenganefektivitasbelajarsiswadi MTs Al-Hidayahsebesar75.69%, dan24.31% disebabkanolehfaktor lain yang tidakditelitidalampenelitianini. Kemudianberdasarkanhasilperhitungan Uji statistikdenganmenggunakanrumus thitung,makadiperolehthitung =9,91≥ttabel= 2,045, MakaHa diterima dan Ho ditolak. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaterdapathubunganpositifantarahubungansaranapembelajarandenganefektivitasbelajarsiswadi MTs Al-HidayahTosibaKabupatenKolaka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Masdin, M.Pddan IsnaHumaera, S.Ag, S.Pd, M.Pd)
Uncontrolled Keywords: SARANAPEMBELAJARAN, EFEKTIVITAS BELAJAR
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 10 Oct 2017 08:16
Last Modified: 10 Oct 2017 08:16
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item View Item