MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF MEA(MEANS ENDS ANALYSIS) PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SDN SATAP 2 KONAWE SELATAN

Andi Oktaviani Ayu Ningrum, Nim 18010104049, A (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF MEA(MEANS ENDS ANALYSIS) PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SDN SATAP 2 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (817kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (555kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Andi Oktaviani Ayu Ningrum, Nim 18010104049 Judul: Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Aktif MEA(Means Ends Analysis) Di SDN Satap 2 Konawe Selatan. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran MEA (Means Ends Analysis). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN Satap 2 Konawe Selatan yang berjumlah 22 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan prosedur penelitian yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan (1) Penerapan model pembelajaran MEA (Means Ends Analysis) mengalami peningkatan setiap siklus. Hal ini dapat dilihat dari hasil aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama mencapai 55,26% dan pertemuan kedua mencapai 67,10%. Sedangkan aktivitas peserta didik pada siklus I pertemuan pertama mencapai 38,33% dan pertemuan kedua mencapai 53,33%. Hasil aktivitas guru pada siklus II pertemuan pertama mencapai 80,26% dan pertemuan kedua mencapai 93,42%. Sedangkan aktivitas peserta didik pada siklus II pertemuan pertama mencapai 71,66% dan pertemuan kedua mencapai 85%. (2) Hasil belajar matematika peserta didik dapat ditingkatkann melalui penerapan model pembelajaran MEA (Means Ends Analysis). Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar prasiklus sampai siklus II, yakni ketuntasan hasil belajar prasiklus sebesar 18,18% dengan nilai rata- rata 39,22 dan setelah tindakan siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 50% dengan nilai ratarata 53,63, kemudian ketuntasan hasil belajar pada siklus II mencapai 81,81% dengan nilai rata-rata 75,45. Adapun peningkatan hasil belajar peserta didik dari prasiklus ke siklus I sebesar 36,73%, sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 40,67% dan peningkatan dari prasiklus ke siklus II sebesar 92,35%. Kata Kunci: MEA(Means Ends Analysis), Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MEA(Means Ends Analysis), Hasil Belajar Matematika
Uncontrolled Keywords: MEA(Means Ends Analysis), Hasil Belajar Matematika
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:22
Last Modified: 16 Jan 2023 01:22
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4115

Actions (login required)

View Item View Item