KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN AL QURAN HADIS DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA MTS N 2 KENDARI

Riska. Nim. 17010101006., R (2023) KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN AL QURAN HADIS DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA MTS N 2 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Riska. Nim. 17010101006.Komunikasi Guru dalam Pembelajaran Al Quran Hadis di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas VII 1 MTS N 2 Kendari. Dibimbing oleh: Dr. Muh. Shaleh, M. Pd. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses komunikasi Guru dan Siswa dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadis di MTs Negeri 2 Kendari. Mengetahuiproses komunikasi Siswa dan Guru dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadis di MTsN 2 Kendari Pada Masa Pandemic Covid-19. Dan untuk mengetahui kendala yang dialami guru dan siswa untuk berkomunikasi kepada peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadis di MTs Negeri 2 Kendari Pada Masa Pandemic Covid-19.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif.Sumber data dalam penelitian adalah guru Qur‟an Hadist, Kepala Madrasah dan peserta didik.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran Al-Quran Hadis di MTs N 2 Kendari Pada Masa Pandemi Covid-19 adalahsudah berjalan baik sesuai yang diharapkan walaupun belum maksimal. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam menjalin komunikasi belajar dengan siswanya yakni melibatkan orang tua siswa agar turut berpartisipasi dalam proses pembelajaran selama pandemi, dan juga tetap mengikuti protokol kesehatan demi keselamatan semua, karena melihat beberapa dari siswa tentu tidak bisa setiap saat mengikuti pelajaran lewat daring agar siswa tetap terpantau dalam proses pembelajaran. Kendala komunikasi antara guru dengan siswa saat proses pembelajaran Al-Quran Hadis di MTs N 2 Kendari dimasa pandemi covid-19 ini berlangsung yakni kemampuan siswa yang memang sangat kurang, ditambah lagi saat kondisi pandemi ketika belajar lewat Daring, karena ada beberapa siswa yang tidak mempunyai Hp Android, ada juga yang kuotanya habis dan tidak mampu beli, juga yang jaringannya tidak mendukung justru akan membuat siswa semakin sulit belajar. Kata Kunci: Komunikasi, Guru, Pembelajaran Al Qur’an Hadis, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Komunikasi, Guru, Pembelajaran Al Qur’an Hadis, Pandemi Covid-19.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Guru, Pembelajaran Al Qur’an Hadis, Pandemi Covid-19.
Subjects: Komunikasi
Al-Qur'an
Al-Hadist
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:08
Last Modified: 14 Feb 2023 03:08
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4212

Actions (login required)

View Item View Item