ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 6 ROKO-ROKO KECAMATAN WAWONII TENGGARA KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN

Cut Fati. Nim. 17010104050, C (2023) ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 6 ROKO-ROKO KECAMATAN WAWONII TENGGARA KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Cut Fati. Nim. 17010104050 “Analisis Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 di SDN 6 Roko-Roko Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan”. Di bimbing oleh : Rasmi S.Ag, M.SI dan Dr. Samrin M.Pd.I Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SDN 6 Roko-Roko Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan-tahapan reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Minat belajar siswa pada masa pandemi covid 19 sangat menurun, semangat minat belajar siswa sangat menurun hal ini dengan diterapkannya sistem pembelajaran daring dengan waktu yang ditentukan, membuat rasa bosan dan jenuh muncul dalam diri siswa. Solusi yang di lakukan guru yaitu dengan memberikan motivasi kepada peserta didik serta menjalani komunikasi yang baik dengan orang tua siswa untuk memecahkan masalah-masalah yang terjadi selama pembelajaran daring berlansung. Apalagi media pembelajarannya yang terbatas dan kurang menarik, penggunaan media pembelajaran yang tidak menarik membuat siswa tidak menyukai pembelajaran hal menyebabkan minat belajar siswa rendah media pembelajaran yang kurang menarik mempengaruhi minat belajar siswa. Untuk itu setiap guru dituntut untuk membuat media pembelajaran yang menarik. dalam kondisi pempelajaran dari rumah guru harus belajar dan berusaha membuat pembelajaran semenarik mungkin. (2) Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di masa pandemi, yaitu materi yang sulit, materi yang sulit menjadi penghambat minat belajar siswa berdasarkan data wawancara siswa mengungkapkan bahwa materi yang sulit membuat siswa malas untuk belajar, jaringan dan kuota internet, Pada masa pandemi covid-19 kegiatan belajar dilaksanakan secara daring maka jaringan dan kuota internet menjadi salah satu kendala mereka dalam melaksanakan proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan proses pembelajaran berlangsung kurang baik. Siswa mengungkapkan terkadang jaringan yang sering mati dan kuota yang tidak ada membuat siswa menjadi tidak bisa mengikuti proses pembelajaran. Kata Kunci : Analisis, Minat Belajar Siswa, Pandemi Covid-19. ABSTRACT Cut Fati. Nim. 17010104050 "Analysis of Student Interest in the Covid-19 Pandemic Period at SDN 6 Roko-Roko, Southeast Wawonii District, Konawe Islands Regency". Supervised by : Rasmi S.Ag, M.SI and Dr. Samrin M.Pd.I The purpose of this researcher was to determine student interest in learning during the covid-19 pandemic at SDN 6 Roko-Roko, Southeast Wawonii District, Konawe Islands Regency. This type of research is qualitative research. Data was collected by using interview, observation and documentation techniques. Data analysis was carried out through the stages of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The validity of the data was tested through source triangulation, technique triangulation and time triangulation. The results showed that: (1) Students' interest in learning during the covid-19 pandemic greatly decreased, the enthusiasm of students' interest in learning greatly decreased this with the implementation of an online learning system with a specified time, making students feel bored and bored. The solution that the teacher does is to motivate students and have good communication with parents to solve problems that occur during online learning. Moreover, the learning media is limited and less attractive, the use of unattractive learning media makes students dislike learning, this causes low student interest in learning. Less attractive learning media affects students' interest in learning. For this reason, every teacher is required to create interesting learning media. In conditions of learning from home the teacher must learn and try to make learning as interesting as possible. (2) Factors that influence student learning interest during the pandemic, namely difficult material, difficult material becomes an obstacle to student learning interest based on student interview data revealing that difficult material makes students lazy to study, network and internet quotas, During the covid pandemic -19 learning activities are carried out online, so the network and internet quota are one of their obstacles in carrying out the learning process. This causes the learning process to take place less well. Students revealed that sometimes the network often shuts down and the quota that does not exist makes students unable to follow the learning process. Keywords: Analysis, Student Interest, Covid-19 Pandemic

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Analisis, Minat Belajar Siswa, Pandemi Covid-19.
Uncontrolled Keywords: Analisis, Minat Belajar Siswa, Pandemi Covid-19.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Mamta Culkari P
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:17
Last Modified: 14 Feb 2023 06:17
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4220

Actions (login required)

View Item View Item