PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B TK BUDI MULIA DESA LAPODI KABUPATEN BUTON

Anita. SID. 18010105004., A (2023) PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B TK BUDI MULIA DESA LAPODI KABUPATEN BUTON. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Anita. Nim. 18010105004. Penggunaan Permainan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelom pok B di TK Budi Mulia Desa Lapodi Kabupaten Buton. Dibimbing Oleh: Dr. Muh. Shaleh M.Pd dan La Hewi, S.Pd. I., M.Pd. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan permainan kartu huruf dalam meningkatkan pengenalan huruf hijaiyah pada anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Budi Mulia Desa Lapodi Kec. Pasarwajo Kab. Buton. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan penilaian. Sedangkan model yang dipilih untuk melakukan tindakan yakni siklus model Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian, pada siklus I menunjukkan kemampuan pengenalan huruf hijaiyah anak dominan yaitu indikator pertama mengenal huruf hijaiyah anak sebanyak 33,33% hasil ini berada pada rentang penilaian mulai berkembang (MB), mengurutkan huruf hijaiyah dengan benar sebanyak 46,66% hasil ini berada pada rentang penilaian mulai berkembang (MB), menulis huruf hijaiyah dengan benar sebanyak 53,33% hasil ini berada pada rentang penilaian mulai berkembang (MB) dan indikator terakhir melafalkan makhrajul huruf hijaiyah dengan fasih sebanyak 53,33% hasil ini berada pada rentang penilaian mulai berkembang (MB). Pada siklus 2 menunjukkan kemampuan pengenalan huruf hijaiyah yaitu indikator pertama mengenal huruf hijaiyah anak sebanyak 80% hasil ini berada pada rentang penilaian berkembang sangat baik (BSB), mengurutkan huruf hijaiyah dengan benar sebanyak 80% hasil ini berada pada rentang penilaian berkembang sangat baik (BSB), menulis huruf hijaiyah dengan benar sebanyak 86,66% hasil ini berada pada rentang penilaian (BSB) dan indikator terakhir melafalkan makhrajul huruf hijaiyah dengan fasih sebanyak 80% hasil ini berada pada rentang penilain berkembang sangat baik (BSB). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kartu huruf dapat meningkatkan pengenalan huruf hijaiyah. Kata Kunci: Permainan, Media Kartu Huruf, Pengenalan Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini ABSTRACT Anita. SID. 18010105004. The Use of Letter Card Games to Improve Introduction of Hijaiyah Letter at 5-6 Years Old of Group B in TK Budi Mulia, Desa Lapodi, Kabupaten Buton. Supervised By: Dr. Moh. Salih M.Pd and La Hewi, S.Pd. I., M.Pd. This classroom action research (CAR) was aimed to determine the use of letter card games in increasing the introduction of hijaiyah letters in group B children aged 5-6 years in Budi Mulia Kindergarten, Lapodi Village, Pasarwajo district Buton regency. The data collection techniques used were observation, documentation, and assessment. While the model chosen to take action was the Kemmis and Mc Taggart model cycle which has four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The research was conducted in two cycles, each cycle consisting of three meetings. The results obtained in the first cycle showed that the ability to recognize hijaiyah letters in dominant children, namely the first indicator recognizing hijaiyah letters as much as 33.33% was in the range of assessment starting to develop (MB), sorting hijaiyah letters correctly as much as 46.66% was in the assessment range starting to develop (MB), writing hijaiyah letters correctly as much as 53.33% was in the assessment range starting to develop (MB) and the last indicator, pronouncing makhrajul letters fluently as much as 53.33% was in the starting assessment range (MB). In cycle 2, showed the ability to recognize hijaiyah letters, namely the first indicator of recognizing hijaiyah letters as much as 80% was in the very well developed assessment range (BSB), sorting hijaiyah letters correctly as much as 80% was in the very well developed assessment range, writing hijaiyah letters correctly as much as 86.66% was in the assessment range (BSB) and the last indicator pronouncing makhrajul letter fluently as much as 80% was in the very well developed assessment range (BSB). From the results of this research, it can be concluded that letter cards could improve the recognition of hijaiyah letters. Keywords: Game, Letter Card Media, Hijaiyah Letter Recognition, Early Childhood

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Permainan, Media Kartu Huruf, Pengenalan Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini
Uncontrolled Keywords: Permainan, Media Kartu Huruf, Pengenalan Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mamta Culkari P
Date Deposited: 15 Feb 2023 01:14
Last Modified: 15 Feb 2023 01:14
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4238

Actions (login required)

View Item View Item