IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 MENUI KEPULAUAN

ANA AFIANA NIM. 17010103038, A (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 MENUI KEPULAUAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (783kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ANA AFIANA NIM. 17010103038. Implementasi Manajemen Perubahan dalam Pegembangan Pendidikan di SMA Negeri 1 Menui Kepulauan Kelurahan Ulunambo, Kab. Morowali, Sulawesi Tengah. Dibimbing Oleh: Prof. Dr. H. Zulkifli M., M.Si., M.Pd. dan Dr. Akib M.Pd. Penelitian ini mengkaji dan menganalisis tentang Fungsi Manajemen Perubahan dalam Pengembangan Pendidikan, Dampak Manajemen Perubahan dalam Pengembangan Pendidikan, dan Faktor Pendukung dan Penghambat Manajemen Perubahan dalam Pengembangan Pendidikan di SMA Negeri 1 Menui Kepulauan. Jenis penelitian ini kualitatif pendekatan Fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data melalui ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian: 1) Manajemen perubahan sangat berfungsi atau besar pengaruhnya dalam pengembangan pendidikan a.) Kepala Sekolah terlebih dahulu melakukan analisis kebutuhan, perubahan secara umum mengarah pada sarana dan prasarana sekolah (fasilitasnya) dengan membentuk tim kerja. b.) Mengadakan rapat kerja; Pembagian tugas, penentuan rencana kerja, menentuan admin pengelola. c.) Pengunaan TIK telah diterapkan dengan penyediaan fasilitas seperti listrik, akses jaringan, komputer serta sarana lainnya kemudian melaksanakan pelatihan atau pengenalan untuk para guru bagaimana pemanfaatan TIK. d.) Memonitoring pelaksanaan hasil kinerja yang diterapkan di lapangan dan memberi umpan balik melalui penilaian dengan maksud untuk mengetahui tingkat keberhasilan program. 2) Dampak positifnya: Munculnya metode pembelajaran yang baru, sistem administrasi yang menggunakan pemanfaatan teknologi. Dampak negatifnya: dikhawatirkan peserta didik tidak memanfaatkan teknologi informasi dengan optimal, dapat mengurangi minat baca siswa, menimbulan kesenjangan sosial. 3) Faktor pendukung: faktor lingkungan yang mendorong mengapa perubahan itu sangat perlu dan harus dilakukan, mengikuti arus global dan tuntunan pasar, teknologi, standar mutu pemerintah. Faktor penghambat: Tantangan ketersediaan waktu, kesiapan bahan sarana atau keterbatasan fasilitasnya menjadi hambatan. Kata Kunci: Manajemen Perubahan, Pengembangan Pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Manajemen Perubahan, Pengembangan Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Manajemen Perubahan, Pengembangan Pendidikan
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Feb 2023 01:16
Last Modified: 15 Feb 2023 01:16
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4239

Actions (login required)

View Item View Item