RESPONS GURU TERHADAP PEMBATASAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 ( Studi Pada SMP Negeri I Bonegunu Kecamatan Bonegunu Kabupaten Buton Utara )

MARFAN, NIM. 11 01 01 01 082 (2015) RESPONS GURU TERHADAP PEMBATASAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 ( Studi Pada SMP Negeri I Bonegunu Kecamatan Bonegunu Kabupaten Buton Utara ). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (71kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK MARFAN, NIM. 11010101082, “Respons Guru Terhadap Pembatasan Penerapan Kurikulum 2013 (Studi Pada SMP Negeri 1 Bonegunu Kecamatan Bonegunu Kabupaten Buton Utara).” Program Studi Pendidikan Agama Islam melalui bimbingan Dr. Husain Insawan, M.Ag dan Aliwar, S. Ag, M. Pd Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang dijadikan sebagai acuan dasar dalam dunia pendidikan yang ada di negara kita sekarang ini. Penerapan kurikulum tersebut telah berlaku pada tahun yang lalu, tepatnya di tahun 2014, namun pada pelaksanaannya masih banyak lembaga penyelenggara pendidikan yang belum melaksanakan kurikulum tersebut. Hal tersebut disebabkan oleh karena adanya pembatasan dalam penerapan kurikulum tersebut. Penerapan Kurikulum 2013 tentunya diharapkan dapat berlaku disemua lembaga pendidikan, dan dapat pula diterapkan oleh semua tenaga pendidik yang ada pada lembaga penddikan, sebab hal tersebut sangat membantu tenaga pendidik dalam melaksanakan proses pendidikan. Olehnya itu pelaksanaan kurikulum ini hanya dapat berjalan dengan baik manakala didukung oleh tenaga pendidik yang memiliki keinginan, motivasi yang tinggi, serta unsur pimpinan yang memiliki respons baik atas hal tersebut, tidak terkecuali bagi tenaga pengajar yang ada di SMP N I Bonegunu, terutama tenaga pendidik atau (guru) yang menjadi objek penelitian penulis dalam melihat respons guru terhadap pembatasan penerapan kurikulum 2013 (Studi pada SMP Negeri I Bonegunu Kecamatan Bonegunu Kabupaten Buton Utara). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode penelitian lapangan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, serta pengecekan keabsahan data. Temuan penelitian tentang respons guru terhadap pembatasan penerapan kurikulum 2013 di SMP Negeri I Bonegunu menyatakan bahwa guru merespons tidak baik dan tidak setuju dengan adanya pembatasan penerapan kurikulum 2013, karena dengan penerapan kurikulum 2013 tanpa dibatasi peserta didik ditekankan memiliki karakter yang baik. Sebab, dalam penilaian kurikulum 2013 tidak hanya menyentuh aspek kognitif pada siswa saja melainkan aspek sikap dan keterampilan juga menjadi penilaian dalam setiap mata pelajaran . pada kurikulum 2013 juga terdapat penambahan jam pelajaran, khususnya pada pelajaran PAI membuat guru mudah berkreasi dan menyampaikan materinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Husain Insawan, M.Ag dan Aliwar, S. Ag, M. Pd
Uncontrolled Keywords: GURU, KURIKULUM 2013
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 11 Oct 2017 07:28
Last Modified: 11 Oct 2017 07:28
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item