M ENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGANMENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF KELOMPOK BTK NURUL ILMI KEC. WAWONII TENGGARA KAB. KONAWE KEPULAUAN

UIS, Nim: 16010105010, U (2023) M ENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGANMENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF KELOMPOK BTK NURUL ILMI KEC. WAWONII TENGGARA KAB. KONAWE KEPULAUAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK UIS, Nim: 16010105010 “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Kelompok B Tk Nurul IlmiKec. Wawonii Tenggara Kab. Konawe Kepulauan”,Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). (Dibimbing Oleh Dr. Muh Shaleh., M.Pd) Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu huruf pada anak Kelompok B Tk Nurul Ilmi Kecamatan Wawonii Tenggara. Dengan sabjek penelitian ialah anak umur 5-6 tahun. Metode pengumpulan informasi yang digunakan merupakan observasi serta dokumentasi. Proses penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 tahapan ialah: perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan mengaplikasikan media kartu huruf dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak anak kelompok B di TK Nurul Ilmi Kecamatan Wawonii Tenggara. Pada siklus satu membuktikan bahwa dengan menggunakan media kartu huruf mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak pada penilaian mulai berkembang dan berkembang sesuai harapan dengan kriteria ketuntasan 53,3% ataupun berada pada kategori cukup. Pada siklus 2 membuktikan bahwa perkembangan kemampuan membaca permulaan anak dominan terletak pada penilaian berkembang sangat baik dengan kriteria ketuntasan sangat baik, peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu huruf pada indikator koordinasi antara mata dan tangan anak dalam menyusun kartu huruf sebanyak 93%. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa melalui media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Nurul Ilmi Kecamatan Wawonii Tenggara. Kata Kunci: Membaca Awal, Media Kartu Huruf, Anak Usia Dini, Perkembangan Bahasa. ABSTRACT Uis, Nim: (16010105010) “ Improving Beginning Reading Ability Using Letter Cards For Group B Kindergarten Nurul Ilmi, southeast Wawonii District, Konawe Islands Regency”. Early Childhood Islamic Education Study Program (PIAUD). (Supervisied by Dr. Muh Shaleh., M.Pd). This action research aims to improve early reading skills by using letter card media in group B children of Nurul Ilmi Kindergarten, Southeast Wawonii District. With the research subjects, namely children aged 5-6 years. Data collection techniques used are observation, and documentation. The reseach process was carried out in two cycles with four stages, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that using the median letter card could improve the early reading ability of children in group B Kindergarten Nurul Ilmi, Southeast Wawonii subdistrict. In cycle one, it shows that the development of the predominant child’s early reading ability is in the assessment starting to develop and develop according to expectation with 53,3% completeness criteria or is in the sufficient category. In cycle two, it shows that the development of early reading ability of the dominant child is in the assessment of developing very well with very good completeness criteria, the development of initial reading ability using letter card media on indicators of coordination between children’s eyes and hands in compiling letter card as much as 93%. Based on data analysis, it can be concluded that through the media letter cards can improve the early reading ability of children in group B Nurul Ilmi Kindergarten, southeast wawonii sub-district. Keywords: early reading, letter card media, early childhood, early childhood, language developmen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Membaca Awal, Media Kartu Huruf, Anak Usia Dini, Perkembangan Bahasa.
Uncontrolled Keywords: Membaca Awal, Media Kartu Huruf, Anak Usia Dini, Perkembangan Bahasa.
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mamta Culkari P
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:11
Last Modified: 17 Feb 2023 07:11
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4255

Actions (login required)

View Item View Item