KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN SITUASI PEMBELAJARAN PAI YANG EFEKTIF DI SDN 1 PADANGGUNI

Siti Musdalifah, Nim 18010101035,, S (2023) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN SITUASI PEMBELAJARAN PAI YANG EFEKTIF DI SDN 1 PADANGGUNI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (683kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (826kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (549kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (522kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (595kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Musdalifah, Nim 18010101035, Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menciptakan Situasi Pembelajaran PAI yang Efektif di SDN 1 Padangguni, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, melalui bimbingan Dra. Hj. Siti Fatimah Kadir MA dan Dr. Aris Try Andreas Putra, M. Pd Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan metode pembelajaran untuk menciptakan situasi pembelajaran PAI yang efektif di SDN 1 Padangguni. 2) Untuk mengetahui kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam memanfaatkan media pembelajaran untuk menciptakan situasi pembelajaran PAI yang efektif di SDN 1 Padangguni. 3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan kreativitas di dalam kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan pengumpulan data, Reduksi data, display data/penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan metode pembelajaran, menggunakan beberapa metode yakni, metode ceramah, metode tanya jawab, metode demontrasi,metode bercerita, metode latihan siap (drill), metode pemberian tugas, metode Quiz, dan metode menghafal dalam pelaksanaan pembelajaran. Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam memanfaatkan media pembelajaran menggunakan media pembelajaran visual, dengan menggunakan bantuan media kertas dan madding steorofom dalam pelaksanaan pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama dalam penerapan kreativitas ada 2 kendala, yaitu sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan respon yang kurang dari beberapa peserta didik. Kata Kunci: Kreativitas, Pembelajaran Efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kreativitas, Pembelajaran Efektif.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Pembelajaran Efektif.
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 17 Feb 2023 06:50
Last Modified: 17 Feb 2023 06:50
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4256

Actions (login required)

View Item View Item