POLA KOMUNIKASI MENTOR UNIT KEGIATAN MAHASISWA BAHASA (UKM BAHASA) DALAM MEMAHAMKAN BAHASA ASING KEPADA MAHASISWA DI IAIN KENDARI

Nurmalinda 18030101027., N (2023) POLA KOMUNIKASI MENTOR UNIT KEGIATAN MAHASISWA BAHASA (UKM BAHASA) DALAM MEMAHAMKAN BAHASA ASING KEPADA MAHASISWA DI IAIN KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (6MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Nurmalinda 18030101027. Pola Komunikasi Mentor Unit Kegiatan Mahasiswa Bahasa (UKM Bahasa) dalam memahamkan Bahasa Asing kepada Mahasswa IAIN Kendari (Dibimbing oleh: Sitti Fauziah M, S.Pd.i., M.Pd.,) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau mengetahui bagaimana Pola Komunikasi beberapa mentor Unit Kegiatan Mahasiswa Bahasa dalam memahamkan bahasa asing kepada para mahasiswa yang telah resmi bergabung menjadi anggota UKM Bahasa. Mengingat bahasa adalah unsur penting dalam berkomunikasi dan pengembangangan penggunaan bahasa Internasional seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab sudah menjadi kebutuhan, maka para mentor UKM Bahasa menerapkan pola komunikasi yang tidak begitu rumit sehingga membuat para mahasiswa menjadi paham. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini melibatkan 12 orang narasumber yaitu Pembina UKM Bahasa, 2 orang pengurus harian, 2 orang anggota penuh dan 7 orang newbie . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pola Komunikasi yang dilakukan oleh mentor UKM Bahasa untuk memahamkan bahasa asing kepada mahasiswa IAIN Kendari yaitu menggunakan pola komunikasi roda (1 mentor), pola komunikasi lingkaran (tanpa mentor yang jelas) dan pola Komunikasi berbentuk Y (dengan 2 mentor) agar model pembelajaran tidak membosankan untuk para mahasiswa maka mentor juga menyediakan kelas diskusi dan games sebelum memulai pembelajaran. Namun walaupun sudah didukung dengan fasilitas yang memadai terdapat juga beberapa kendala atau hambatannya yaitu jumlah mahasiswa yang aktif semakin berkurang. Kata Kunci: Pola Komunikasi, Mentor,Mahasiswa, Bahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: BAHASA ASING
Uncontrolled Keywords: BAHASA ASING
Subjects: Komunikasi
Ilmu Bahasa
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:04
Last Modified: 17 Feb 2023 07:04
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4260

Actions (login required)

View Item View Item