PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TONGKUNO

Siti Sarliana, NIM: 18010108016, S (2023) PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TONGKUNO. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
SKRIPSI SITI SARLIANA COVER.pdf

Download (486kB)
[img] Text
SKRIPSI SITI SARLIANA BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
SKRIPSI SITI SARLIANA BAB II.pdf

Download (361kB)
[img] Text
SKRIPSI SITI SARLIANA BAB III.pdf

Download (285kB)
[img] Text
SKRIPSI SITI SARLIANA BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
SKRIPSI SITI SARLIANA BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
SKRIPSI SITI SARLIANA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] Text
SKRIPSI SITI SARLIANA LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Sarliana, NIM: 18010108016, Pengaruh Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi Sistem Pencernaan Kelas XI di SMA Negeri 1 Tongkuno Dibimbing Oleh : Dr.Jumarddin La Fua, S.Si, M.Si dan Nourma Yulita, S.Pd.M.Pd Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa yang menggunakan media video animasi dan media gambar (konvesional) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen pada materi sistem pencernaan di SMA Negeri 1 Tongkuno. (2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan media video animasi dan media gambar (konvesional) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen pada materi sistem pencernaan di SMA Negeri 1 Tongkuno. (3) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar sebelum menggunakan video animasi dan media gambar pada kelas XI di SMA Negeri 1 Tongkuno. (4) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum menggunakan video animasi dan media gambar pada kelas XI di SMA Negeri 1 Tongkuno. (5) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan kemampuan berpikir berpikir kreatif siswa sebelun danu sesudah penerapan video animasi di SMA Negeri 1 Tongkuno. (6) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kemampuan berpikir berpikir kreatif siswa menggunakan media video animasi dan media gambar (konvensional) di SMA Negeri 1 Tongkuno. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA, dan sampel yang digunakan sebanyak 54 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket dan tes esai. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif: Prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji perbedaan dua rata-rata, uji berpasangan, dan uji tingkat efektif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak terdapat perbedaan motivasi belajar sebelum menggunakan media konvensional hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji perbedaan dua rata-rata pada motivasi belajar nilai signifikansi 0,896 < 0.05 dan penguasaan konsep nilai signifikansi 0,064 < 0.05. Terdapat pengaruh motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan video animasi dan media gambar (konvesional), dibuktikan berdasarkan hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen dengan nilai N-Gain Score 7.42% berada pada kategori efektif, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh N-Gain Score 2,14% berada pada kategori tidak efektif. Terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan uji tingkat efektif pada kelas eksperimen dengan nilai N-Gain Score 781,689% berada pada kategori efektif, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh N-Gain Score 664,00% berada pada kategori tidak efektif. Kata Kunci : Video animasi, motivasi belajar, dan kemampuan berpikir kreatif siswa. ABSTRACT Siti Sarliana, NIM : 18010108016, Effect of Video Animation on Learning Motivation and Creative Thinking Ability of Students in Digestive System Material for Class XI SMA Negeri 1 Tongkuno. Supervisor : drg. Jumarddin La Fua, S.Si, M.Si and Nourma Yulita, S.Pd.M.Pd The aims of this study were (1) to determine the learning motivation of students who used animated video media and image media (conventional) in the control class and the experimental class on the digestive system material at SMA Negeri 1 Tongkuno. (2) To determine the creative thinking ability of students who use animated video media and image media (conventional) in the control class and the experimental class on the digestive system material at SMA Negeri 1 Tongkuno. (3) To find out the difference in learning motivation before using animated videos and picture media in class XI at SMA Negeri 1 Tongkuno. (4) To find out the differences in students' creative thinking skills before using animated videos and picture media in class XI at SMA Negeri 1 Tongkuno. (5) To find out the differences in learning motivation and students' creative thinking skills before and after the application of animated videos at SMA Negeri 1 Tongkuno. (6) To determine the effect of learning motivation and creative thinking ability of students using animated video media and (conventional) image media at SMA Negeri 1 Tongkuno. This research is a quasi-experimental research design with a nonequivalent control group design. The population in this study were all students of class XI MIA, and the sample used was 54 samples. The data collection technique used is using a questionnaire and essay test. The data analysis technique used is descriptive analysis: Prerequisite analysis (normality test and homogeneity test) and hypothesis testing (test difference between two averages, paired test, and test the effective level). The results showed that: 1) there was no difference in learning motivation before using conventional media, this was evidenced by the results of the analysis of the difference between the two averages on learning motivation with a significance value of 0.896 < 0.05 and creative thinking skills with a significance value of 0.064 < 0.05. There is an effect of learning motivation and students' creative thinking skills using animated videos and image media (conventional), as evidenced by the results of the N-Gain test in the experimental class with an N-Gain Score of 7.42% in the effective category, while in the control class, N-Gain is obtained. The score of 2.14% is in the ineffective category. There is an influence of students' creative thinking ability, this is evidenced by the results of the calculation of the effective level test in the experimental class with an N-Gain Score of 781,689% in the effective category, while in the control class, the N-Gain Score of 664.00% is in the ineffective category. . Keywords: Animated video, learning motivation, and students' creative thinking ability.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Video animasi, motivasi belajar, dan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Uncontrolled Keywords: Video animasi, motivasi belajar, dan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:35
Last Modified: 22 Feb 2023 03:35
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4290

Actions (login required)

View Item View Item