MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SATAP 2 KONAWE SELATAN

Tasya Susilowati, NIM. 18010104077., T (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SATAP 2 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
SKRIPSI TASYA SUSILOWATI_COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI TASYA SUSILOWATI_BAB I_2.pdf

Download (828kB)
[img] Text
SKRIPSI TASYA SUSILOWATI_BAB II_3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI TASYA SUSILOWATI_BAB III_4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI TASYA SUSILOWATI_BAB IV_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI TASYA SUSILOWATI_BAB V_6.pdf

Download (622kB)
[img] Text
SKRIPSI TASYA SUSILOWATI_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN_7.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tasya Susilowati, NIM. 18010104077. Judul “Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Metode Learning Start With a Question (LSQ) Pada Siswa Kelas III SD Negeri Satap 2 Konawe Selatan ”. Dibimbing oleh Pembimbing 1 Bapak Dr. Abdul Kadir, M.Pd, dan Pembimbing 2 Bapak Dr. Samsul Bahri, MA. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan metode Learning Start With a Question pada siswa kelas III SD Negeri Satap 2 Konawe Selatan; 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar tematik pada siswa kelas III SD Negeri Satap 2 Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Satap 2 Konawe Selatan pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 14 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan siswa dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar mencapai 85%. Hasil penelitian menunjukkan 1) metode Learning Start With a Question dapat diterapkan pada pembelajaran tematik siswa kelas III SD Negeri Satap 2 Konawe Selatan. Aktivitas guru pada siklus 1 pertemuan pertama yaitu sebesar 72,91% dan pertemuan kedua sebesar 81,25%. Aktivitas siswa siklus I pertemuan pertama sebesar 72,62% dan pertemuan kedua sebesar 82,15%. Kemudian pada siklus II aktivitas guru pertemuan pertama sebesar 90,62% dan pada pertemuan kedua sebesar 95,83% sedangkan aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 85,71% dan pertemuan kedua sebesar 92,85%. 2) Penerapan metode Learning Start With a Question terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan hasil tes yang diberikan. Pra siklus menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh siswa 62,85 dengan persentase 35,71%. Hasil rata-rata siswa pada siklus I diperoleh nilai sebesar 73,57 dengan persentase 78,57 dan pada siklus II nilai rata-rata 87,85 dengan persentase 92,85%. Dengan demikian dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja. Kata Kunci : Learning Start With a Question, hasil belajar tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Learning Start With a Question, hasil belajar tematik
Uncontrolled Keywords: Learning Start With a Question, hasil belajar tematik
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:13
Last Modified: 23 Feb 2023 01:13
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4300

Actions (login required)

View Item View Item