UPAYA GURU MENYIKAPI GAYA BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MTS ASY-SYAFI’IYAH BARUGA KOTA KENDARI

Sari Lestari Nim. 18010101045., S (2023) UPAYA GURU MENYIKAPI GAYA BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MTS ASY-SYAFI’IYAH BARUGA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sari Lestari Nim. 18010101045. Upaya Guru Menyikapi Gaya Belajar Siswa Dalam Belajar Aqidah Akhlak Di MTs Asy-syafi’iyah Baruga Kota Kendari. Dibimbing oleh Drs. H. Samsu M.Pd dan Balda S.Si, M.Si Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru menyikapi gaya belajar siswa dalam belajaran Aqidah Akhlak MTs Asy-syafi‟iyah Baruga Kota Kendari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru aqidah akhlak, guru-guru MTs di kelas VIII, siswa. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gaya belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Asy�syafi‟iyah memiliki kecenderungan di masing-masing gaya belajar baik Visual, Auditorial, dan Kinestetik yang mana dari masing-masing tipe tersebut memiliki kelebihan tersendiri dalam memahami materi pembelajaran, serta mendengarkan penjelasan dari guru. 2) Upaya Guru Aqidah Akhlak menyikapi gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlak yaitu menggunakan media LCD/ proyektor agar memudahkan siswa yang bertipe gaya visual dalam memahami pelajaran, kemudian menggunakan media tape recorder, radio agar memudahkan siswa yang bertipe gaya Auditorial dalam memahami pembelajaran kemudian memberikan apersepsi sebelum proses pembelajaran berlangsung, memberikan pertanyaan kemudian memberikan suatu reward kepada peserta didik dengan memberikan nilai tambahan. Ini dilakukan guru agar siswa mampu berlomba-lomba menunjukkan keaktifan dikelas dalam mengikuti proses pembelajaran, menggunakan metode ceramah, diskusi, demonstrasi dan hafalan kemudian media yang sering digunakan adalah gambar-gambar yang ditempelkan dikarton dan sketsa-sketsa yang dituliskan di papan tulis. Kata Kunci: Gaya Belajar siswa, Upaya Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Gaya Belajar siswa, Upaya Guru
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar siswa, Upaya Guru
Subjects: Kinerja Guru
Aqidah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mamta Culkari P
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:22
Last Modified: 23 Feb 2023 02:26
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4311

Actions (login required)

View Item View Item