Sarina. Nim. 17010104026., S (2023) STRATEGI GURU DALAM MENANGANI KASUS BULLYING SISWA DI SD NEGERI 92 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (725kB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (217kB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (299kB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (80kB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (75kB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Sarina. Nim. 17010104026. Strategi Guru Dalam Menangani Kasus Bullying Siswa Di SD Negeri 92 Kendari. Dibimbing oleh: Dr. Masdin, M.Pd, dan St. Aisyah Mu’min, S.Ag, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying siswa di SD Negeri 92 Kendari dan strategi guru dalam menangani kasus bullying siswa di SD Negeri 92 Kendari.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk�bentuk perilaku bullying siswa yang terjadi di SD Negeri 92 Kendari meliputi bullying verbal(berkata kotor/kasar pada korban, mengejek bentuk fisik, dan mengejek keadaan social ekonomi), menjauhi teman yang kognitifnya rendah, mengasingkan, dan bullying sosial yaitu membentuk grup/kelompok sehingga korban yang tidak termasuk dalam kelompok tersebut sult bersosialisasi dengan temannya yang lain. Bullying di sekolah mempunyai dampak yang dapat menghambat perkembangan siswa, korban bullying merasa takut lalu menarik diri dari teman-temannya di kelas, menjadi pasif dan merasa kurang fokus mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas, malas untuk pergi ke sekolah, dan prestasi akademiknya menurun.Strategi yang digunakan guru dalam menangani kasus bullyingadalah melakukan bimbingan secara kelompok maupun individu. Bimbingan secara individu diberikan kepada pelaku maupun korban bullying yaitu dengan memberikan nasehat/himbauan, melakukan pengawasan, memberikan hukuman, bekerja sama dengan orang tua atau memanggil orang tua siswa ke sekolah, sehingga guru dapat bersama-sama mengontrol dan membantu mewujudkan kondisi yang mendidik bagi peserta didik, serta mengawasi kegiatan dan perilaku siswa, melakukan pengamatan langsung, sehingga peserta didik mampu meminimalisir sikap dan tindakannya. Sedangkan bimbingan kelompok dilakukan kepada seluruh siswa bukan hanya pelaku maupun korban. Kata Kunci: Bullying, Siswa, Strategi Guru
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Bullying, Siswa, Strategi Guru |
Uncontrolled Keywords: | Bullying, Siswa, Strategi Guru |
Subjects: | Kinerja Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | Mamta Culkari P |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 02:31 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 02:31 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4313 |
Actions (login required)
View Item |