PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA MA AL-IRSYAD LALONGGASUMEETO KABUPATEN KONAWE

Hardiman, 17010101133, H (2023) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA MA AL-IRSYAD LALONGGASUMEETO KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hardiman, 17010101133. Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar PAI Pada Siswa MA AlIrsyad Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari. Dibimbing oleh: Dr. Abdul Kadir, M.Pd dan Sitti Aisyah Mu’min, S.Ag, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat pendidikan formal, perhatian orang tua dan prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto. 2) Pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto. 3) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto. 4) Pengaruh tingkat pendidikan formal dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportionate stratified random sampling, jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 38 dari total 149 populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan Program Excel dan SPSS 24. Dari hasil analisis regresi berganda diperoleh rumus Y= 13,035+(-0,120)X1+0,819X2). Ha X1 terhadap Y ditolak karena Uji parsial (uji t) menghasilkan t hitung pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua = 0,326< t tabel= 1,690 dengan signifikasi 0,746 > 0,05. Ha X2 terhadap Y diterima karena variabel perhatian orangtua diperoleh t hitung = 12,025 > t tabel = 1,690 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji simultan (uji F) diperoleh F hitung = 72,969 > F tabel = 3,267 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ha X1 dan X2 terhadap Y diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menyimpulkan bahwa tingkat pendidikan formal orang tua siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto pada umumnya berpendidikan SMA/MA, Perhatian orang tua pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto pada umumnya berada pada kategori sedang, dan prestasi belajar PAI siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto berada pada kategori sedang dan tinggi, kemudian tingkat pendidikan formal orang tua secara parsial tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto dan perhatian orang tua secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto, kemudian tingkat pendidikan formal dan perhatian orang tua secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto. Kata Kunci: Tingkat pendidikan formal orangtua, perhatian orang tua, prestasi belajar PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: formal orangtua, perhatian orang tua, prestasi belajar PAI.
Uncontrolled Keywords: formal orangtua, perhatian orang tua, prestasi belajar PAI.
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:46
Last Modified: 23 Feb 2023 03:46
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4318

Actions (login required)

View Item View Item