PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA FISIKA SEDERHANA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 KONAWE SELATAN

BIMA SAKTI, NIM: 18010109020., B (2023) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA FISIKA SEDERHANA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (7MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (7MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK BIMA SAKTI, NIM: 18010109020. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Fisika Sederhana Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di MAN 1 Konawe Selatan (Dibimbing oleh: Dr. Abdul Kadir., M.Pd dan Zainuddin. S.Pd,.M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan keterampilan proses sains peserta didik kelas X IPA di MAN 1 Konawe Selatan yang diajar menggunakan alat peraga fisika sederhana dan yang tidak diajar menggunakan alat peraga fisika sederhana. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas X IPA di MAN 1 Konawe Selatan yang diajar menggunakan alat peraga fisika sederhana dan yang tidak diajar menggunakan alat peraga fisika sederhana. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Design, pada desain ini penulis hanya melakukan postes untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel ditetapkan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu memilih dua kelas dengan nilai yang hampir sama atau homogen, kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Sebagai Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan keterampilan proses sains menggunakan alat peraga fisika sederhana kelas eksperimen dan kelas kontrol, thitung = 4,152 dan ttabel = 2,0085 sehingga nilai thitung ttabel artinya H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan alat peraga fisika sederhana kelas eksperimen dan kelas kontrol, thitung = 2,737 dan ttabel = 2,0085 sehingga nilai thitung ttabel artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian nilai keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik yang diberikan perlakuan memiliki perbedaan yang signifikan. Kata kunci: Alat Peraga Sederhana, Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Alat Peraga Sederhana, Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika.
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Sederhana, Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 24 Feb 2023 01:31
Last Modified: 24 Feb 2023 01:31
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4358

Actions (login required)

View Item View Item