POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PERAWAT PADA PASIEN GANGGUAN JIWA DI RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI SULAWESI TENGGARA

ENJELA 18030101018., E (2023) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PERAWAT PADA PASIEN GANGGUAN JIWA DI RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ENJELA 18030101018.Pola Komunikasi Interpersonal Perawat Pada Pasien Gangguan Jiwa Di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Sulawesi Tenggara (Dibimbing oleh : Sitti Fauziah M, S.Pd.i., M.Pd.,) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran proses komunikasi yang terjadi di rumah sakit jiwa provinsi Sulawesi Tenggara yaitu antara perawat dan pasien gangguan jiwa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini yaitu perawat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pola komunikasi yang terjadi antara perawat terhadap pasien gangguan jiwa adalah pola komunikasi secara sirkular, dan linear, Yaitu pasien dan perawat aktif dalam proses komunikasi, terkadang pula hanya perawat yang aktif pasien pasif adapun jenis komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh perawat kepada pasien gangguan jiwa yaitu komunikasi diadik dan komunikasi kelompok kecil. Terkait efektivitas komunikasi interpersonal perawat terhadap pasien gangguan jiwa dapat disimpulkan bahwa cukup efektif. Hal ini berdasarkan adanya keterbukaan (opennes), empati (empathy), sikap mendukung (suportiveness), rasa positif (positivenes) dan kesetaraan (equality). Adapun hambatan yang sering dialami oleh perawat dan menjadi penghambat saat berkomunikasi dengan pasien gangguan jiwa yaitu Hambatan yang bersifat teknis, Hambatan semantik dan Hambatan perilaku. Implementasi penelitian pertama untuk pihak rumah sakit jiwa agar bisa menambah SDM tenaga perawat utamanaya tenaga perawat laki�laki. Kedua diharapkan bagi pihak keluarga untuk selalu mendukung dan memberikan perhatian bagi pasien. Dan ketiga bagi para pembaca utamanya penulis agar memberi perhatian khusus terhadap para penderita gangguan jiwa atau pasien gangguan jiwa saat mereka sudah berada di linkungan masyarakat kita harus mendukung, mensuport dan memberi ruang untuk mereka. Kata Kunci: Pola Komunikasi Interpersonal, Perawat, Pasien Gangguan Jiwa ABSTRACT Enjela SID 18030101018. Nurses' Interpersonal Communication Patterns to the Mental Disorder Patients at Psychiatric Hospital, Southeast Sulawesi Province. (Supervised by: Sitti Fauziah M, S.Pd.I., M.Pd) This study aims to find out how the description of the communication process that occurs in the psychiatric hospital, Southeast Sulawesi, between nurses and mental disorder patients. The research method used in this study is descriptive qualitative. Data were collected through observation, interviews, and document studies. The data were analyzed using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Informants in this study were nurses. The results of this study indicate that the communication pattern that occurs between nurses and mental disorder patients is a circular, and linear communication pattern, that is, patients and nurses are active in the communication process, sometimes only nurses who are active and patients are passive. The type of interpersonal communication carried out by nurses to patients with mental disorders, namely dyadic communication and small group communication. Related to the effectiveness of nurses' interpersonal communication to patients with mental disorders, it can be concluded that it is quite effective. This is based on openness, empathy, supportiveness, positiveness and equality. The obstacles that are often experienced by nurses and become obstacles when communicating with mental disorder patients are technical barriers, semantic barriers and behavioral barriers. The implementation of the first research for the mental hospital in order to increase the human resources of nurses, especially male nurses. Second, it is hoped that the family will always support and give attention to the patient. And thirdly, for the readers, especially the author, to pay special attention to people with mental disorders or mental disorders when they are already in the community, we must support, and provide space for them. Keywords: Interpersonal Communication Patterns, Nurses, Mental Disorder Patients

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pola Komunikasi Interpersonal, Perawat, Pasien Gangguan Jiwa
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Interpersonal, Perawat, Pasien Gangguan Jiwa
Subjects: Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mamta Culkari P
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:04
Last Modified: 24 Feb 2023 02:04
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4362

Actions (login required)

View Item View Item