STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MASA PASCA PANDEMI COVID-19 DI SDN 13 TINANGGEA

Erlia Fibriani, Nim 18010104005,, E (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MASA PASCA PANDEMI COVID-19 DI SDN 13 TINANGGEA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Erlia Fibriani, Nim 18010104005, Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Pada Masa Pasca Pandemi Covid-19 di SDN 13 Tinanggea (Pembimbing 1 : Dr.Samrin M.Pd, I Pembimbing 2 : Sufiani M.Pd. I) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Untuk mengetahui kejenuhan belajar seperti apa yang dilakukan siswa pada saat proses pembelajaran berlansung pasca pandemi covid-19. (2) Strategi apa yang guru gunakan dalam mengatasi kejenuhan belajar yang dialami siswa pasca pandemic covid-19 di kelas III SDN 13 Tinanggea. (3) Kendala guru dan pendukung guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas III SDN 13 Tinanggea. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini diklasifikasi menjadi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa : Strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajara siswa pasca pandemi covid-19 yang diketahui dari hasil pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Bentuk kejenuhan belajar siswa kelas III SDN 13 Tinanggea yaitu meka biasanya tidur, melamun, tidak menulis dan menganggu temanya yang lain ketika proses pembelajaran sedang berlangsung, yang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar dan sulit memahami pelajaran yang disampaikan guru. Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kejenuhan siswa pasca pandemi covid-19 yaitu dengan mengunakan strategi afektif, kontekstual dan inquiri, dengan mengunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan dan diskusi kelompok. Kendala yang dihadapi guru dalam mengatasi kejenuhan belajara siswa yaitu suara guru yang kurang keras dan sarana prasarana yang belum lengkap, seperti buku siswa masih sangat kurang, kemudian faktor pendukung yang dimiliki guru yaitu, semangat mengajar yang ada pada diri guru dan lingkungan kelas yang bersih dan nyaman. Kata Kunci : Kejenuhan Belajar, Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan belajar Siswa. ABSTRACT Erlia Fibriani, NIM. 18010104005, Teacher’s Strategy in Overcoming Student Learning Saturation in the Post Covid-19 Pandemic Period at SDN 13 Tinanggea (Supervisor 1: Dr. Samrin M.Pd,I Advisor 2 : Sufiani M.Pd,I) This study aims to describe: (1) To find out what kind of boredom students do when the learning process takes place after the covid-19 pandemic. (2) What strategies do teachers use in overcoming the boredom of learning experienced by students after the covid-19 pandemic in class III SDN 13 Tinanggea. (3) Obstacles of teachers and teacher supporters in overcoming boredom of class III students at SDN 13 Tinanggea. This study uses a qualitative research method with a descriptive approach. Data collection methods consist of interviews, observations and documentation which are then analyzed by means of data reduction, data presentation and drawing conclusions. Based on the results of the research conducted, it shows that: The teacher's strategy in overcoming student boredom after the Covid-19 pandemic is known from the results of observations, interviews and documentation. The form of boredom in learning for grade III students at SDN 13 Tinanggea is that they usually sleep, daydream, do not write and disturb other themes when the learning process is in progress, which is caused by lack of motivation to learn and difficulty understanding the lessons delivered by the teacher. How is the teacher's strategy in overcoming student boredom after the covid-19 pandemic, namely by using affective, contextual and inquiry strategies, using lecture methods, question and answer, assignments and group discussions. Obstacles faced by teachers in overcoming student learning saturation are the teacher's voice that is not loud enough and incomplete infrastructure, such as student books, which are still very lacking. comfortable. Keywords: Learning Saturation, Teacher’s Strategy in Overcoming Student Learning Saturation

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kejenuhan Belajar, Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan belajar Siswa.
Uncontrolled Keywords: Kejenuhan Belajar, Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan belajar Siswa.
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Mamta Culkari P
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:09
Last Modified: 24 Feb 2023 02:09
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4363

Actions (login required)

View Item View Item