Sri Rahayu Alam. NIM 18010110020, S (2023) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BILANGAN BERDASARKAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (5MB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (5MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (5MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (5MB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Sri Rahayu Alam. NIM 18010110020. Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bilangan Berdasarkan Four-Tier Diagnostic Test Ditinjau dari Gaya Belajar. Dibimbing oleh: Dedyerianto, M.Si dan Halistin, M.Si Miskonsepsi merupakan perbedaan konsep yang diterima siswa dengan konsep yang dikemukakan oleh para ahli. Terjadinya miskonsepsi pada konsep dasar matematika khususnya bilangan dapat menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami konsep matematika yang lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui miskonsepsi yang dialami siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah bilangan berdasarkan four-tier diagnostic test; 2) Mengetahui miskonsepsi yang dialami siswa dengan gaya belajar auditori dalam menyelesaikan masalah bilangan berdasarkan four-tier diagnostic test; 3) Mengetahui miskonsepsi yang dialami siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah bilangan berdasarkan four-tier diagnostic test. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kabaena Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar siswa untuk memetakan gaya belajar yang dimiliki siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kabaena Tengah, four-tier diagnostic test untuk mengetahui konsepsi siswa ditinjau dari gaya belajarnya dengan indikator miskonsepsi terjemahan, miskonsepsi tanda, miskonsepsi hitung, miskonsepsi sistematis, miskonsepsi konsep, dan miskonsepsi strategi, serta pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Siswa dengan gaya belajar visual pada kelas VII SMP Negeri 11 Kabaena Tengah mengalami miskonsepsi pada semua indikator miskonsepsi (miskonsepsi terjemahan, miskonsepsi tanda, miskonsepsi hitung, miskonsepsi sistematis, miskonsepsi konsep, dan miskonsepsi strategi); 2) Siswa dengan gaya belajar auditori pada kelas VII SMP Negeri 11 Kabaena Tengah mengalami miskonsepsi pada indikator miskonsepsi terjemahan, miskonsepsi tanda, miskonsepsi sistematis, miskonsepsi konsep, dan miskonsepsi strategi; 3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik pada kelas VII SMP Negeri 11 Kabaena Tengah mengalami miskonsepsi pada indikator miskonsepsi terjemahan, miskonsepsi hitung, miskonsepsi sistematis, dan miskonsepsi strategi. Kata kunci: Miskonsepsi; Bilangan; Four-Tier Diagnostic Test; Gaya Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Miskonsepsi; Bilangan; Four-Tier Diagnostic Test; Gaya Belajar |
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi; Bilangan; Four-Tier Diagnostic Test; Gaya Belajar |
Subjects: | Matematika Kinerja Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mamta Culkari P |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 06:18 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 06:18 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4373 |
Actions (login required)
View Item |