PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 24 BUTON TENGAH

NUR SYAMSIA, NIM: 17010107004., N (2023) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 24 BUTON TENGAH. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK NUR SYAMSIA, NIM: 17010107004. Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Siswa Kelas VII SMPN 24 Buton Tengah (Dibimbing Oleh: Bapak Hasrin Lamote, S.Pd.,M,Sc dan Bapak Ismaun, S.Si.,M,Si) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: “Pengaruh Aktivitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA Terpadu pada siswa kelas VII SMPN 24 Buton Tengah”. Penelitian semacam ini bersifat kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 24 Buton Tengah yang berjumlah 36 siswa. pendekatan untuk mengumpulkan data yang melibatkan angket dan dokumentasi. Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha, sedangkan uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment. Metode analisis data deskriptif dan inferensial digunakan, bersama dengan uji prasyarat (seperti uji linieritas dan normalitas) dan uji hipotesis (uji regresi linier sederhana, uji koefisien korelasi, uji t, dan uji koefisien determinasi). Pada taraf signifikansi 5%, temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa kelas VII SMPN 24 Buton Tengah mencapai persentase 61,63% dengan kategori sangat tinggi untuk aktivitas belajarnya; (2) siswa kelas VII SMPN 24 Buton Tengah mencapai persentase 53% dengan kategori sedang untuk hasil belajarnya pada mata pelajaran IPA terpadu; dan (3) terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA Terpadu. Tingkat signifikansi kurang dari 0,05 (0,004 > 0,05), nilai thitung > ttabel yaitu 3,092 > 2,034, dan nilai koefisien determinasi digunakan untuk mendukung hal tersebut. Aktivitas belajar (X) sebesar 0,219 atau 21,9% dari variabel hasil belajar, yang berarti bahwa variabel aktivitas belajar mempengaruhi hasil belajar sebesar 21,9%. Namun, sisanya dipengaruhi oleh pengaruh eksternal yang belum diteliti. Kata Kunci: SMPN 24 Buton Tengah; Aktivitas belajar; Hasil belajar ix ABSTRACT NUR SYAMSIA, NIM: 17010107004. The Effect of Learning Activities on Learning Outcomes in Integrated Science Subjects for Class VII Students of SMPN 24 Buton Tengah (Supervised by: Mr. Hasrin Lamote, S.Pd.,M,Sc and Mr. Ismaun, S.Si.,M,Si) The purpose of this study was to find out: "The effect of learning activities on learning outcomes in Integrated Science subjects in class VII students of SMPN 24 Central Buton". This kind of research is quantitative in nature. The population and sample of the study were 36 students of class VII SMPN 24 Buton Tengah. approach to collecting data involving questionnaires and documentation. The reliability test uses the Cronbach Alpha formula, while the validity test uses the product moment correlation formula. Descriptive and inferential data analysis methods were used, along with prerequisite tests (such as linearity and normality tests) and hypothesis tests (simple linear regression tests, correlation coefficient tests, t tests, and coefficient of determination tests). At a significance level of 5%, the research findings show that: (1) class VII students of SMPN 24 Buton Tengah achieve a percentage of 61.63% in the very high category for their learning activities; (2) class VII students of SMPN 24 Buton Tengah achieved a percentage of 53% in the moderate category for their learning outcomes in integrated science subjects; and (3) there is an effect of learning activities on the learning outcomes of class VII students in the Integrated Science subject. The significance level is less than 0.05 (0.004 > 0.05), the tcount > ttable is 3.092 > 2.034, and the coefficient of determination is used to support this. Learning activity (X) is 0.219 or 21.9% of the learning outcome variable, which means that the learning activity variable affects learning outcomes by 21.9%. However, the rest are influenced by external influences that have not been studied. Keywords : SMPN 24 Buton Tengah ; Learning activities ; learning outcomes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SMPN 24 Buton Tengah; Aktivitas belajar; Hasil belajar
Uncontrolled Keywords: SMPN 24 Buton Tengah; Aktivitas belajar; Hasil belajar
Subjects: Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Mamta Culkari P
Date Deposited: 24 Feb 2023 06:22
Last Modified: 24 Feb 2023 06:22
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4374

Actions (login required)

View Item View Item