EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING BERBASIS HUMANISTIK PADA SISWA DI SMPN 4 KENDARI

KARDONO NIM. 15040202001, K (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING BERBASIS HUMANISTIK PADA SISWA DI SMPN 4 KENDARI. Masters thesis, PASCASARJANA IAIN KENDARI.

[img] Text
TESIS KARDONO CAVER DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (828kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (482kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul "Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Active Learning Berbasis Humanistik pada Siswa di SMPN 4 Kendari (Study Multi Kasus pada siswa Kelas VII dan Kelas VIII di SMPN 4 Kendari)" ini ditulis oleh Kardono dengan dibimbing oleh Dr. Imelda Wahyuni, S.S, M.Pd.I dan Dr. Supriyanto, MA Penelitian ini bertujuan untuk : (l) menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Humanistik dengan pendekatan Active Learning di SMP Negeri 4 Kendari. (2) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor yang melatar belakangi diterapkannya pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis humanistik dengan pendekatan Active Learning di SMP Negeri 4 Kendari. (3) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Humanistik dengan Pendekatan Active Learning di SMP Negeri 4 Kendari. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan rancangan studi multi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan„ wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Model analisis data meliputi analisis masing-masing kasus dan lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan active learning dengan teori humanistik yang diterapkan pada siswa di Kelas Vll dan VIII di SMPN 4 Kendari dapat penulis simpulkan bahwa: (l) Pengalaman pembelajaran dengan mengimplementasikan pendekatan active learning dengan teori humanistik yang diterapkan pada siswa di Kelas VII dan VIII di SMPN 4 Kendari diwujudkan dalam beberapa komponen yang saling mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran. Pemilihan metode dan media pembelajaran yang scsuai dengan isi/materi pelajaran serta guru dan siswa. (2) langkah-langkah pembelajaran dapat dikernbangkan ke dalam 8 tahap sebagai berikut: orientasi, pembentukan kelompok, penugasan kerja kelompok, eksplorasi, presentasi materi dalam kelas, pengecekan pemahaman dan pendalaman materi, refleksi dan umpan balik, dan evaluasi formatif (3). Hasil pembelajaran dengan mengimplementasikan pendekatan active learning dengan teori humanistik dalam proses pembelajaran PAI dapat mengembangkan ranah potensi peserta didik secara seimbang (kognitif,afektif, dan psikomotor). Karena dalam pembelajaran sudah ada interaksi komunikatif antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa lainnya. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Pendekatan Active Learning ABSTRACT The thesis with the title "Effectiveness of Islamic Religious Education Learning with a Humanistic Based Active Learning Approach in Students at SMPN 4 Kendari (Multi-Case Study in Class VII and Class VIII students at SMPN 4 Kendari)" was written by Kardono Superpesor by Dr. Imelda Wahyuni, S.S, M.Pd.I and Dr. Supriyanto, MA This research aims to: (l) analyze and describe the effectiveness of Humanistic-based Islamic Religious Education learning with an Active Learning approach at SMP Negeri 4 Kendari. (2) To analyze and describe the factors behind the implementation of humanistic-based Islamic Religious Education learning with an Active Learning approach at SMP Negeri 4 Kendari. (3) To analyze and describe the learning outcomes of Humanistic-Based Islamic Religious Education with an Active Learning Approach at SMP Negeri 4 Kendari. This research uses qualitative research, with a multi-case study design. Data collection is carried out by means of participants" observations of in-depth interviews and documentation. The validity of the data is obtained by triangulation techniques and peer checking. The data analysis model includes analysis of each case and across cases. The results showed that the active learning approach with humanistic theory applied to students in Class Vll and VIII in SMPN 4 Kendari can be concluded that: (l) The learning experience by implementing an active learning approach with humanistic theory applied to students in Class VII and VIII in SMPN 4 Kendari is realized in several components that influence each other, namely learning goals. Selection of learning methods and media that are tailored to the content / subject matter as well as teachers and students. (2) learning steps can be expanded into 8 stages as follows: orientation, group formation, group work assignment, exploration, presentation of materials in the classroom, checking understanding and deepening of the material, reflection and feedback, and formative evaluation (3). Learning outcomes by implementing an active learning approach with humanistic theory in the PAI learning process can develop the realm of potential learners in a balanced manner (cognitive, affective, and psychomotor). Because in learning there is already a communicative interaction between teachers and students and students with other students. Keywords: Effectiveness of Learning, Active Learning Approach صخلملا طشىلا ملعتلا حهو عم يملاسلإا يىيذلا ميلعتلا ملعت تيلاعف" ناىىع لمحت يتلا تحورطلأا تلاح تسارد( يف بلاطلا يف تيواسولإا ىلع مئاقلا فصلاو عباسلا فصلا بلاط يف ةدذعتم ريتسخام ، ىتوايربىس رىتكذلاو ، ةرىتكذلا هم هيخىتب اهبتك يف هماثلا  ٌئاقىا يٍلاسلإا يْيذىا ٌييؼتىا ٌيؼت حيىاؼف فصوو وييحت )ه( :ًىإ ثحثىا ازه فذهي ( . يف ػشْىا ٌيؼتىا حهّ غٍ يّاسّإ ساسأ ًيػ ء اسو حٍْانىا وٍاىؼىا فصوو وييحت ) 2 ( . يف ػشْىا ٌيؼتىا حهّ غٍ حيّاسّلإا ًيػ ٌئاقىا حيٍلاسلإا حيْيذىا حيتشتىا ٌيؼت زيفْت 3 وييحت ) ػشْىا ٌيؼتىا حهّ غٍ يّاسّإ ساسأ ًيػ ٌئاقىا يٍلاسلإا يْيذىا ٌييؼتيى ٌيؼتىا حئاتّ فصوو .خلااحىا جدذؼتٍ حساسد ٌيَصت غٍ ، يػىْىا ثحثىا ثحثىا ازه ًذختسي غَخ ٌتي ًيػ هىصحىا ٌتي .قيثىتىاو حقَؼتَىا خلاتاقَىا ٍِ ِيمساشَىا خاظحلاٍ قيشغ ِػ خاّايثىا خاّايثىا وييحت جرىَّ َِعتي .ُاشقلأا ٍِ ققحتىاو ثييثتىا خايْقت قيشغ ِػ خاّايثىا ححص .خلااحىا شثػو حىاح ونى لاييحت يف بلاطىا ًيػ ح ( :ييي اٍ جاتْتسا ِنَي يف ٍِاثىاو سٍاخىا فصىا قثطَىا حيّاسّلإا حيشظْىا غٍ ػشْىا ٌيؼتىا حهّ ُأ حئاتْىا خشهظأ  حهّ زيفْت هلاخ ٍِ ٌيؼتىا حتشدت ) ققحتت يف ٍِاثىاو غتاسىا فصىا يف بلاطىا ًيػ حقثطَىا حيّاسّلإا حيشظْىا غٍ ػشْىا ٌيؼتىا سايتخا .ٌيؼتىا فاذهأ يهو ، طؼثىا اهعؼت ًيػ شثؤت يتىا خاّىنَىا ٍِ ذيذؼىا يف ةيىاسأ ( .بلاطىاو ِيَيؼَىا لىزمو عىظىَىا / يىتحَيى اصيصخ حََصَىا ػئاسىىاو ٌيؼتىا ) 2 ، حػىَدَىا وينشتو ، هيخىتىا :يىاتىا ىحْىا ًيػ وحاشٍ ٍِ ققحتىاو ، يساسذىا وصفىا يف داىَىا ضشػو ، فاشنتسلااو ، يػاَدىا وَؼىا حَهٍو ىا قيَؼتو ٌهف 8 ًىإ ٌيؼتىا خاىطخ غيسىت ِنَي ( يْيىنتىا ٌييقتىاو ، حؼخاشىا حيزغتىاو شينفتىاو ، جداَ 3 ٌيؼتىا حئاتْى ِنَي .) ِيَيؼتَىا ٌىاػ شيىطت ٌيؼتىا حييَػ يف حيّاسّلإا حيشظْىا غٍ ػشْىا ٌيؼتىا حهّ زيفْت هلاخ ٍِ كاْه ٌيؼتىا يف هّلأ .)حيسفْىا حيمشحىاو حيفغاؼىاو حيفشؼَىا( حّصاىتٍ حقيشطت ِييَتحَىا ؼفىات .ِيشخلآا بلاطىا غٍ بلاطىاو بلاطىاو ِيَيؼَىا ِيت ييصاىت وػافت و طشىلا ملعتلا حهىم , ملعتلا تيلاعف :تيحاتفملا ثاملكلا

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Efektivitas Pembelajaran, Pendekatan Active Learning
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Pendekatan Active Learning
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:02
Last Modified: 27 Feb 2023 08:02
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item