TATA NIAGA UDANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Kasus Di Desa Muara Lapao-pao Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka )

Sri Wahyuni NIM 18050101053,, S (2023) TATA NIAGA UDANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Kasus Di Desa Muara Lapao-pao Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka ). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sri Wahyuni NIM 18050101053, Tata Niaga Udang Dalam Perspektif Ekonomi Islam di Desa Muara Lapao-pao Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka, dibimbing oleh Hj. Ummi Kalsum dan Adzil Arsyi Sabana Program Studi Ekonomi Syariah, 2022. Tata niaga adalah suatu keragaan semua usaha mencakup kegiatan arus barang atau jasa mulai dari titik usaha tambak sampai di tangan konsumen. Tataniaga di Desa Muara Lapao-pao Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka, petani melakukan distribusi melalui pedagang besar atau distributor yang menyalurkan ke pedagang menengah atau subdistributor dan meneruskannya ke pengecer. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik dan ingin mengetahui bagaimana Tata Niaga Udang Dalam Perspektif Ekonomi Islam di Desa Muara Lapao-pao Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka adalah proses dalam meningkatkan pemasaran masyarakat tambak dan saluran yang mendukung dan menghambat masyarakat dalam pemasaran tambak udang yang ditinjau berdasarkan ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran tataniaga udang, tingkat pendapatan dan kendala-kendala yang dihadapi serta tataniaga dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research).Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah sosiologis dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Proses Saluran Pemasaran petambak Udang di Desa Muara Lapao-Pao Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka ada 3 yaitu Saluran I yaitu: petambak-pedagang pengumpul-pedagang pengecer-konsumen sedangkan pada Saluran II yaitu : petambak-pedagang pengecer-konsumen dan pada Saluran III yaitu; petambak-pedagang pengumpul-konsumen. (2) Tambak Udang di Desa Muara Lapao-Pao Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka dari tahun ke tahun mengalami peningkatan pendapatan dengan baik, dan melalui usaha tambak ini masyarakat bekerja dalam menghidupi dan menafkahi keluarga mereka. (3) Usaha tambak udang vanname dalam tata niaga udang di Desa Muara Lapao-Pao Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka dalam perspektif ekonomi Islam. Diketahui bahwa prinsip yang diterapkan oleh petambak udang adalah kemaslahatan dan kepuasan pelanggan dengan menggunakan prinsip pemasaran Islam yaitu kesatuan (tauhid), kebolehan, keadilan, kehendak bebas, dan kerelaan. Kata Kunci: Saluran Tataniaga, Pendapatan, Ekonomi Islam ABSTRACT Sri Wahyuni NIM 18050101053, Shrimp Trading System in Islamic Economic Perspective in Muara Lapao-pao Village, Wolo District, Kolaka Regency, supervised by Hj. Ummi Kalsum and Adzil Arsyi Sabana Sharia Economics Study Program, 2022. Trading system is a demonstration of all businesses including the flow of goods or services from the point of the fishpond business to the hands of consumers. In the trading system in Muara Lapao-pao Village, Wolo District, Kolaka Regency, farmers distribute through wholesalers or distributors who distribute them to medium traders or subdistributors and pass them on to retailers. Based on theseThe author is interested and wants to know how the Shrimp Trading System in an Islamic Economic Perspective in Muara Lapao-pao Village, Wolo District, Kolaka Regency is a process in improving the marketing of the pond community and the channels that support and hinder the community in marketing shrimp ponds which are reviewed based on Islamic economics. This study aims to determine the shrimp trading system channel, income level and the obstacles faced and the trading system in the perspective of Islamic economics. This study uses qualitative research with field research methods. The approach used in this research is sociological with data collection methods through observation, interviews and documentation. The results of this study are (1) Shrimp Farmer Marketing Channel Processin Muara Lapao-Pao Village, Wolo District, Kolaka Regencythere are 3 channels, namely: farmers-traders-collectorstraders-retailers-consumers, while in Channel II, namely: farmers - traders - retailers - consumers and in Channel III, namely; farmers - traders – collectors - consumers. (2) Shrimpin Muara Lapao-Pao Village, Wolo District, Kolaka Regencyfrom year to year there has been a good increase in income, and through this fishpond business the community works to support and provide for their families. (3) Vanname shrimp farming business in the shrimp trade system in Muara Lapao-Pao Village, Wolo District, Kolaka Regency in the perspective of Islamic economics.It is known that the principles applied by shrimp farmers are benefit and customer satisfaction by using Islamic marketing principles, namely unity (tawhid), permissibility, justice, free will, and willingness. Keywords: Trading Channels, Income, Islamic Economy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Saluran Tataniaga, Pendapatan, Ekonomi Islam
Uncontrolled Keywords: Saluran Tataniaga, Pendapatan, Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Mamta Culkari P
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:46
Last Modified: 09 Mar 2023 01:46
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4434

Actions (login required)

View Item View Item