PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TONGKUNO

Rifayana Sanusi, NIM: 18010108052, R (2023) PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TONGKUNO. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (589kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (463kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (679kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (257kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (769kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rifayana Sanusi, NIM: 18010108052, Pengaruh Media Animasi Terhadap Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa Materi Sistem Ekskresi Pada Kelas XI di SMA Negeri 1 Tongkuno Dibimbing Oleh: Ir. Muragmi Gazali, M.Ed., dan Syarif Rizalia, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui motivasi belajar siswa yang menggunakan media animasi dan media konvensional pada materi sistem ekskresi (2) mengetahui penguasaan konsep siswa yang menggunakan media animasi dan media konvensional pada materi sistem ekskresi (3) mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media animasi dan media konvensional pada materi sistem ekskresi (4) mengetahui apakah terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa sebelum menggunakan media animasi dan media konvensional pada materi sistem ekskresi (5) mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan media animasi terhadap motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design. Sampel yang digunakan sebanyak 54 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket dan tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif: Prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji perbedaan dua rata-rata, uji berpasangan, dan uji tingkat efektif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai motivasi belajar posttest yang menggunakan media animasi lebih tinggi dibanding menggunakan media konvensional. (2) penguasaan konsep yang menggunakan media animasi lebih tinggi dibanding menggunakan media konvensional. (3) Tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media animasi dan media konvensional, dibuktikan dengan hasil analisis uji perbedaan dua rata-rata dengan nilai sig. 0,896 < 0.05. (4) Tidak terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa sebelum menggunakan media animasi dan media konvensional, dibuktikan dengan hasil analisis uji perbedaan dua rata-rata dengan nilai sig. 0,607 < 0.05 (5) Efektivitas penggunaan media animasi terhadap motivasi belajar dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan uji NGain pada kelas eksperimen dengan nilai N-Gain Score 61.88% berada pada kategori efektif, sedangkan pada kelas kontrol -7,81 berada pada kategori tidak efektif. Sedangkan penguasaan konsep nilai N-Gain Score 80.90% berada pada kategori efektif, sedangkan kelas kontrol diperoleh N-Gain Score 68,71% berada pada kategori cukup efektif. Kata Kunci : Media animasi, motivasi belajar, dan penguasaan konsep siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Media animasi, motivasi belajar, dan penguasaan konsep siswa
Uncontrolled Keywords: Media animasi, motivasi belajar, dan penguasaan konsep siswa
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:34
Last Modified: 09 Mar 2023 06:34
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4441

Actions (login required)

View Item View Item