PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MAN 01 BOMBANA

Suharni, NIM. 18010108066, S (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MAN 01 BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (587kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (897kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (435kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (556kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Suharni, NIM. 18010108066 Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Menggunakan Media Animasi Pada Materi Ekosistem Terhadap Hasil Belajar Biologi Di MAN 01 Bombana, Dibimbing Oleh: Bapak Ir. Muragmi Gazali M.Pd dan Bapak Hasrin Lamote S.Pd., M.Sc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen kelas X MAN 1 Bombana, (2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media animasi pada materi ekosistem terhadap hasil belajar siswa di kelas X MAN 1 bombana. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif,: uji prasyarat (uji normalitas,dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji-t dua sampel yang berbeda sebelum perlakuan, uji-t berpasangan kelas eksperimen, uji-t dua sampel yang berbeda setelah perlakuan). Hasil penenlitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar posttest siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan data penelitian diperoleh nilai (sig 2 tailed) 0,000<0,05 yang menunjukkan H1 diterima artiya, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar posstest siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar posttest siswa kelas eksperimen sebesar 79,2 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar posttest siswa kelas kontrol sebesar 70. Perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol dipengaruhi oleh proses pembelajaran dan penggunaan PBL menggunakan media animasi. (2) Hasil N-Gain score pada hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki peningkatan besar 61,54% tergolong persentase cukup efektif. Sedangkan pada N-Gain pada hasil belajar kelas kontrol memiliki nilai sebesar 50,13% tergolong dalam persentase kurang efektif. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan pembelajaran berbasis masalah menggunakan media animasi lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol tanpa perlakuan menggunakan metode konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis masalah menggunakan media animasi pada kelas eksperimen memiliki pengaruh terhadap tingkat hasil belajar siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Animasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Animasi, Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Animasi, Hasil Belajar
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:49
Last Modified: 10 Mar 2023 01:49
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4449

Actions (login required)

View Item View Item