Suharni, NIM. 18010108066, S (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MAN 01 BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (564kB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (587kB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (897kB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (435kB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (556kB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Suharni, NIM. 18010108066 Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Menggunakan Media Animasi Pada Materi Ekosistem Terhadap Hasil Belajar Biologi Di MAN 01 Bombana, Dibimbing Oleh: Bapak Ir. Muragmi Gazali M.Pd dan Bapak Hasrin Lamote S.Pd., M.Sc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen kelas X MAN 1 Bombana, (2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media animasi pada materi ekosistem terhadap hasil belajar siswa di kelas X MAN 1 bombana. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif,: uji prasyarat (uji normalitas,dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji-t dua sampel yang berbeda sebelum perlakuan, uji-t berpasangan kelas eksperimen, uji-t dua sampel yang berbeda setelah perlakuan). Hasil penenlitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar posttest siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan data penelitian diperoleh nilai (sig 2 tailed) 0,000<0,05 yang menunjukkan H1 diterima artiya, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar posstest siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar posttest siswa kelas eksperimen sebesar 79,2 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar posttest siswa kelas kontrol sebesar 70. Perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol dipengaruhi oleh proses pembelajaran dan penggunaan PBL menggunakan media animasi. (2) Hasil N-Gain score pada hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki peningkatan besar 61,54% tergolong persentase cukup efektif. Sedangkan pada N-Gain pada hasil belajar kelas kontrol memiliki nilai sebesar 50,13% tergolong dalam persentase kurang efektif. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan pembelajaran berbasis masalah menggunakan media animasi lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol tanpa perlakuan menggunakan metode konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis masalah menggunakan media animasi pada kelas eksperimen memiliki pengaruh terhadap tingkat hasil belajar siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Animasi, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Animasi, Hasil Belajar |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Animasi, Hasil Belajar |
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 01:49 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 01:49 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/4449 |
Actions (login required)
View Item |