PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII A MELALUI PENERAPAN STRATEGI PAIKEM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI SMP NEGERI 3 MAWASANGKA KAB. BUTON

ARBAIN, NIM : 09 01 01 01 016 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII A MELALUI PENERAPAN STRATEGI PAIKEM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI SMP NEGERI 3 MAWASANGKA KAB. BUTON. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Arbain, NIM. 09010101016, Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII.A Melalui Penerapan Strategi PAIKEM dengan menggunakan metode diskusi di SMP Negeri 3 Mawasangka Kabupaten Buton, Dosen Pembimbing Dra. Hj. Nurseha Gazali,M.Si, dan Dr. Fatirawahidah, M.Ag. Permasalahan dalam penlitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan strategi PAIKEM dengan menggunakan metode diskusi? 2) Apakah penerapan strategi PAIKEM dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII A di SMPN 3 Mawasangka Kabupaten Buton? Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 3 Mawasangkamelalui strategi PAIKEM dengan menggunakan Metode Diskusi.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklusnya memuat beberapa langkah kegiatan yaitu rencana kegiatan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikn Agama Islam dan siswa kelas VIII A yang berjumlah 22 orang siswa. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi terhadap guru dan siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa tiap siklus. Indikator dalam penelitian ini adalah penelitian dikatakan berhasil apabila minimal 80% siswa telah memperoleh nilai ≥ 70. Dari hasil observasi, evaluasi, dan refleksi pada pelaksanaan tindakan tiap siklus, diperoleh informasi bahwa pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 45% dengan nilai rata-rata 65,68. Hasil ini belum mencapai indikator yang ditetapkan, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II proses pembelajaran lebih ditingkatkan, terutama perbaikan terhadap kekurangan yang terjadi pada siklus I. Setelah dilakukan evaluasi pada siklus II, diperoleh hasil bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang dicapai 95% dengan nilai rata-rata 72,95. Hasil yang dicapai sampai pada akhir siklus II ini telah mencapai indikator, atau melebihi indikator yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi PAIKEM dengan menggunakan Metode Diskusi pada pokok bahasan “Ananiah dan Gadab” dan “Hasad dan Gibah” dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PAI siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Mawasangka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Nurseha Gazali,M.Si, dan Dr. Fatirawahidah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, PAIKEM
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 14 Oct 2017 06:29
Last Modified: 14 Oct 2017 06:29
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item View Item