MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDINDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MEDIA KOMIK PADA KELAS VI SDN LAPULU KAB. KONSEL

ASMAWATI, NIM : 10010101017 (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDINDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MEDIA KOMIK PADA KELAS VI SDN LAPULU KAB. KONSEL. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (174kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB III-1.docx

Download (530kB)
[img] Text
BAB IV-1.docx

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK NAMA : ASMAWATI NIM : 10010101017 Judul : MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDINDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MEDIA KOMIK PADA KELAS VI SDN LAPULU KAB. KONSEL Pokok bahasan dalam penelitian ini akan diuraikan tentang masalah penerapan metode pembelajaran melalui media komik untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam di kelas VI SDN Lapulu Kabupaten Konawe Selatan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SDN Lapulu ?, Apakah dengan media komik hasil belajar PAI siswa Kelas VI SDN Lapulu dapat ditingkatkan? Ada beberapa hal yang berkaitan dengan masalah tersebut untuk dibahas yaitu mulai pengertian metode pembelajaran, deskripsi metode pembelajaran melalui media komik langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran melalui media komik, hakekat hasil belajar, pengertian pendidikan agama Islam, landasan pendidikan agama Islam, fungsi pendidikan agama Islam, sampai pada faktor faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk menemukan format skenario pembelajaran PAI dengan menggunakan media komik, Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media komik dalam menumbuhkan hasil belajar siswa. Strategi Media Komik dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam karena hasil belajar yang diperoleh pada siklus I dan siklus II pada bidang studi Pendidikan Agama Islam pokok bahasan hari akhir terjadi peningkatan hasil belajar dari hasil tes awal. Sebelum diterapkannya strategi media komik persentase hasil belajar sebesar 42,85% dan sesudah diterapkan naik menjadi 64,28% pada siklus I namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai rata-rata siswa pada siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 64,28% menjadi 80,1 dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 92,8% siswa telah mendapat nilai > 70,00. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Media komik, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Media komik, dan hasil belajar
Subjects: Islam (Umum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aldhy Purwanto
Date Deposited: 15 Oct 2017 02:41
Last Modified: 15 Oct 2017 02:41
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item View Item