MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MURID KELAS 1 SDN 6 POASIA �KOTA KENDARI

SANTI HARDIATI, NIM : 07010101285 (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MURID KELAS 1 SDN 6 POASIA �KOTA KENDARI. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.

[img] Text
BAB I.doc

Download (44kB)
[img] Text
Bab II.doc

Download (126kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (67kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (293kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (26kB)
[img] Text
Lampiran 1.doc

Download (829kB)
[img] Slideshow
santi power point.pptx

Download (271kB)

Abstract

Belakang Pembelajaran menulis permulaan sangat penting diajarkan di sekolah dasar agar anak-anak dapat terlibat kegiatan baca tulis. Pembelajaran tersebut merupakan dasar menulis yang dapat menentukan murid Sekolah Dasar dalam menulis lanjut pada kelas berikutnya. Tanpa memiliki kemampuan menulis yang memadai sejak dini, anak akan mengalami kesulitan belajar pada masa selanjutnya. Berkaitan dengan fungsi keterampilan menulis, Morsy mengatakan ”dalam kehidupan modern ini jelas bahwa keterampilan menulis sangat dibutuhkan” . Kiranya tidaklah berlebihan bila dikatakan bahwa keterampilan menulis merupakan ciri orang yang terpelajar atau bangsa yang terpelajar. Keterampilan menulis hanya dapat diperoleh dan dikuasai dengan jalan praktik dan latihan. Menurut Dawson “salah satu bentuk praktek dan latihan untuk memperoleh penguasaan menulis, sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa dilaku¬kan melalui kegiatan pembelajaran” . Pernyataan ini sependapat dari Akadiah bahwa “keterampilan menulis bukanlah kemampuan yang diwariskan secara turun-temurun, akan tetapi merupakan hasil proses belajar mengajar dan ketekunan berlatih” . Jadi, keterampilan menulis itu mengalami proses pertumbuhan melalui latihan. Untuk memperoleh keterampilan menulis tidak cukup dengan mempelajari tata bahasa dan mempelajari pengetahuan tentang teori menulis, melainkan tumbuh melalui proses pelatihan. Kenyataan di lapangan, menunjuk¬kan bahwa pembelajaran menulis kurang mendapat perhatian yang sewajarnya. Pelly & Efendi mengatakan bahwa “pembelajaran membaca dan menulis yang dulu merupakan pelajaran dan latihan pokok, kini kurang mendapat perhatian, baik dari para siswa maupun guru” . Pembelajaran menulis tidak ditangani sebagaimana mestinya. Hal ini mengakibatkan keterampilan menulis para siswa tidak memadai. Badudu berpendapat bahwa “rendahnya mutu kemampuan menulis siswa disebabkan oleh kenyataan bahwa pengajaran mengarang dianaktirikan” .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR
Subjects: Islam (Umum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aldhy Purwanto
Date Deposited: 15 Oct 2017 04:00
Last Modified: 15 Oct 2017 04:00
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item View Item