PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 5 KENDARI

ANTON LAMARATI, NIM. 1001O1O3OO9 (2015) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 5 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (243kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK ANTON LAMARATI NIM: 10 01 01 03 009, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 5 Kendari Melalui Bimbingan Dr. H. Nur Alim, M.Pd dan St. Aisyah Mu’min, S.Ag, M.Pd Skripsi ini mengkaji Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 5 Kendari dengan sasaran permasalahan (1) Bagaimana gambaran Gaya Kepemimpinan Kepala SMK Negeri 5 Kendari. (2) Bagaimana Kinerja Guru SMK Negeri 5 Kendari. (3) Apakah terdapat pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 5 Kendari. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Kendari Jalan Kapaten Piere Tendean Kelurahan Watubangga Kecamatan Baruga Kota Kendari. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai variabel bebas (X) dan Kinerja Guru sebagai variabel terikat (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel 36 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan tekhnik angket yang dikembangkan dari kisi-kisi instrumen variabel masing-masing, setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis menggunakan tekhnik analisis statistik deskriptif terhadap data variabel X dan Y, dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata variabel X = 51,694 atau 86,15% pada umumnya termasuk dalam kategori baik sekali dan untuk variabel Y = 48.694 atau 81,11% termasuk dalam kategori baik sekali dari skor idealnya dengan persamaan regresi linier sederhana Y = 15,83 + 0,379 X dan berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus product moment diperoleh r = 0,568. Jika diinterpretasikan pada nilai rtabel pada taraf ἀ = 0,05% dimana dk = n-2 = 36-2 = 34, maka diperoleh rtabel = 0,329. Dengan demikian rhitung = 0,568 ≥ rtabel = 0,329. Yang berarti terdapat pengaruh yang positif antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 5 Kendari. Sedangkan nilai koefisien determinasinya (r2) adalah sebesar 32,2%. Nilai koefosien determinasi yang diperoleh diatas, menunjukan bahwa kinerja guru sebesar 32,2% ditentukan oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah sedangkan sisanya yakni 67,8% ditentukan atau dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Selanjutnya untuk menguji signifikan atau tidaknya data hasil penelitian ini, penulis menggunakan uji t, thitung ≥ ttabel. Uji signifikan yang peneliti lakukan, menunjukan bahwa thitung = 4,023≥ ttabel = 2,042. Maka hipotesis statistik Hi : (signifikan) diterima dan H0 : (tidak signifikan) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa, Gaya Kepemimpinan Kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja guru SMK Negeri 5 Kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Nur Alim, M.Pd dan St. Aisyah Mu’min, S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: KEPEMIMPINAN, KEPALA SEKOLAH , KINERJA GURU
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 16 Oct 2017 00:22
Last Modified: 16 Oct 2017 00:22
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item View Item