OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PAI MELALUI METODE DRAMA PADA MURID KELAS IV SDN I ONEMBUTE KECAMATAN.ONEMBUTE KABUPATEN.KONAWE

Indramayasari, NIM : 07010101390 (2012) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PAI MELALUI METODE DRAMA PADA MURID KELAS IV SDN I ONEMBUTE KECAMATAN.ONEMBUTE KABUPATEN.KONAWE. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI MELALUI METODE.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indramayasari (07010101390). “Optimalisasi Pembelajaran PAI Melalui Metode Drama Pada Murid Kelas IV SDN I Oembute Kec.Onembute Kab. Konawe”. ( dibimbing oleh 1. Drs.Amri,M.Th.I, 2. Drs.Agus Salim Tongasa ) Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : Apakah proses belajar mengajar PAI murid kelas IV dapat dioptimalkan melalui metode drama pada SDN I Onembute Kec. Onembute Kab.Konawe ? untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar PAI murid kelas IV melalui metode drama pada SDN I Onembute Kec.Onembute Kab, Konawe.Penelitian Tindakan Kelas ini adalah melalui metode drama dalam proses belajar mengajar PAI, prestasi belajar PAI dapat ditingkatkan proses belajar mengajar PAI murid kelas IV SDN I Onembute Kec, Onembute. Kab, Konawe dapat dioptimalkan. Penelitian ini diadakan di kelas IV SDN I Onembute Kec,Onembute. Kab, Konawe pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 dengan subjek penelitian murid Kelas IV SDN I Onembute sebanyak 18 orang. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar untuk melihat keberhasilan belajar murid, lembar observasi bagi guru dan murid untuk kondisi pelaksanaan tindakan. Prosedur penelitian terdiri dari : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan/observasi,(4) refleksi. Pada siklus I, guru kurang memberikan bimbingan pada murid dalam kegiatan kelompok dan guru juga tidak melaksanakan beberapa tahapan scenario pembelajaran. Sebagian besar murid tidak memperhatikan penjelasan guru. Kemudian pada siklus II, kelemahan di siklus I dapat diperbaiki oleh guru. Murid tampak aktif dan bersemangat belajar. Guru mampu melaksanakan dengan baik hampir seleruh tahapan skenario pembelajaran. Murid antusias mengikuti pelajaran dan memperhatikan penjelasan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan belajar murid meningkat dari 50% menjadi 70%. Pada siklus II ketuntasan belajar murid semakin meningkat menjadi 100%. Pelaksanaan skenario pembelajaran juga meningkatkan dari 42,86% pada siklus I menjadi 92,86% pada siklus II. Berdasarkan indikator kerja, disimpulkan bahwa proses belajar mengajar PAI murid Kelas IV SDN I Onembute dapat dioptimalkan melalui metode drama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DRAMA
Subjects: Islam (Umum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aldhy Purwanto
Date Deposited: 23 Oct 2017 07:36
Last Modified: 23 Oct 2017 07:36
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item