Metode Guru PAI Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SPPN ( Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri ) Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe”

MUHTAR, NIM : 07 01 01 01 417 (2012) Metode Guru PAI Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SPPN ( Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri ) Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe”. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.

[img]
Preview
Text
MUHTAR.pdf

Download (580kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MUHTAR, th. 2012. “Metode Guru PAI Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SPPN ( Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri ) Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe”. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Kendari, dibimbing oleh (I) DR. H. Nur Alim, M.Pd (2) Dra. Hj. Sitti Fatimah Kadir, M.A Skripsi ini menyelidiki tentang “Metode guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa di SPPN (Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri) Kecataman Wawotobi, dengan masalah pokok “Bagaimanakah Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SPPN (Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri) Kec. Wawotobi Kab. Konawe. Permasalahan yang menjadi pembahasan dalam skripsi ini adalah metode guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SPP Negeri Wawotobi Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe, yang mencakup (1) Bagaimana Metode Pendidikan Islam Guru PAI di SPPN (Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri) Wawotobi Kec. Wawotobi Kab. Konawe. (2) Bagaimana Gambaran tentang kenakalan siswa di SPPN (Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri) Wawotobi Kec. Wawotobi Kab. Konawe. Jenis penelitian skripsi ini adalah kualitatif, yakni penelitian yang menghasilkan data dalam bentuk informasi lisan, gambar dan dideskripsikan secara naratif. Data yang diperoleh selanjutnya di olah dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Metode Pendidikan Islam siswa di SPP Negeri Wawotobi dilakukan dengan beberapa metode yang pertama, yaitu pendidikan Islam dengan mengembangkan aspek keimanan yang dilakukan untuk meningkatkan keimanan siswa menuju kepada terbentuknya siswa yang berkepribadian dan berakhlak sesuai dengan kaidah dalam ajaran Islam, Kedua Mendidik dengan adat pembiasaan dan latihan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dengan melakukan pengawasan dalam sekolah sehingga siswa menjadi terbiasa dalam melaksanakan kegiatan ibadah, ketiga mendidik dengan nasehat yaitu upaya pendidikan yang dilakukan dalam membentuk keimanan siswa SPP Negeri Wawotobi sehingga siswa memiliki akhlak dan moral sesuai dengan ajaran agama Islam, Keempat Mendidik dengan pengawasan mendidik dengan melakukan tindakan mendampingi anak dalam melakukan kegiatannya, mengamati dan mengarahkan siswa untuk berbuat kebajikan dan menghindari perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam.(2) Kenakalan siswa di SPP Negeri Wawotobi berdasarkan hasil penelitian diketahui seperti berkelahi, mencuri dan merusak fasilitas sekolah. Hal ini terjadi akibat kurangnya pengawasan siswa dalam berinteraksi dengan lingkungannya.(3) Metode pendidikan Islam di SPP Negeri Wawotobi dalam menanggulangi kenakalan siswa dilakuan dengan beberapa metode diantaranya; membaca istigfar, mengajak siswa untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbaiki akhlak, menyikapi penyebab dan jenis kenakalan, menasehati, menghilangkan gejala-gejala, memberi peringatan dan pemahaman kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengatasi Kenakalan
Subjects: Islam (Umum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aldhy Purwanto
Date Deposited: 24 Oct 2017 03:21
Last Modified: 24 Oct 2017 03:21
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item