WILDANONG, NIM : 13040201007 (2017) , Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kinerja Guru dengan Prestasi Belajar Siswa pada MAN 1 Kendari. Masters thesis, MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
|
Text
waldinong tesis.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
A B S T R A K WILDANONG,13040201007, Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kinerja Guru dengan Prestasi Belajar Siswa pada MAN 1 Kendari --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Masalah penelitian ini berkisar tentang hubungan antara kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru dengan prestasi belajar siswa pada MAN 1 Kendari yang dibombing oleh Dr. Hj. Hasniyati Gani Ali, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. H. Nue Alim, M.Pd selaku pembimbing II Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskripsi data. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program Excel dan SPSS, dengan rumus persamaan regresi, selanjutnya ditafsirkan dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil-hasil pengujian linearitas regresi dan analisis data yang diperoleh dari ketiga hipotesis ternyata populasi regresi linear, karena diperolehnya F hitung yang signifikan pada alfa = 0,05. dan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga hipotesis kerja yang diajukan seluruhnya diterima. Hal ini didukung oleh data empirik dengan diperolehnya koefisien-koefisien korelasi yang positif, sehingga dapat ditafsirkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah (peran kepala Sekolah sebagai manajer, peran kepala sekolah sebagai administrator, dan peran kepala sekolah sebagai supervisor) dan kinerja guru baik secara terpisah maupun secara terpadu berkorelasi dengan prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian disimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam mengendalikan sekolah berhubungan erat dengan prestasi belajar siswa; (2) bahwa kinerja guru merupakan salah satu prediktor dengan prestasi belajar siswa; (3) bahwa kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru secara bersama-sama merupakan prediktor dengan prestasi belajar siswa. Dengan demikian untuk mewujudkan prestasi belajar siswa yang lebih baik, beberapa faktor penentu yang harus diperhatikan adalah kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru. Artinya, jika seorang kepala madrasah/sekolah memiliki kepemimpinan kepala madrasah efektif dan kinerja guru yang baik, maka prestasi belajar siswa akan cenderung meningkat, jika seorang kepala sekolah memiliki kepemimpinan kurang efektif dan kinerja guru yang negatif maka prestasi belajar siswa akan menurun.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEPEMIMPINAN KINERJA PRESTASI |
Subjects: | Islam (Umum) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Aldhy Purwanto |
Date Deposited: | 24 Oct 2017 08:35 |
Last Modified: | 24 Oct 2017 08:35 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/518 |
Actions (login required)
View Item |