HUBUNGAN BELAJAR MANDIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PAISISWA DI MTs NEGERI 1 KONAWE SELATAN

Edo Santoso, NIM : 13010101011 (2017) HUBUNGAN BELAJAR MANDIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PAISISWA DI MTs NEGERI 1 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Edo Santoso NIM : 13010101011 Judul Skripsi : Hubungan Belajar Mandiri dengan Prestasi Belajar PAI Siswa di MTs Negeri 1 Konawe Selatan Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan belajar mandiri dengan prestasi belajar PAI siswa MTs Negeri 1 Konawe Selatan. Belajar mandiri yang dimaksud yaitu kegiatan belajar sendiri yang disertai dengan inisiatif untuk menguasai suatu materi atau kompetensi, menetapkan tujuan belajar, sumber belajar, media belajar, waktu belajar, cara belajar, dan evaluasi hasil belajar dilakukan oleh individu sendiri. Prestasi Belajar PAI siswa diukur dari nilai rata-rata mata pelajaran Fiqih, Akidah Akhlak, Qur’an Hadis dan Sejarah Kebudayaan Islam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa diambil 13% dari populasi sebanyak 225 orang siswa yang tersebar dari kelas VII dan kelas VIII dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Belajar Mandiri siswa MTsN 1 Konawe Selatan berada pada kategori tinggi dengan persentase 56,7%, dengan skor rata-rata perolehan angket sebesar 61,3 yang berada pada skor 61 – 80%. Prestasi Belajar PAI siswa MTsN 1 Konawe Selatan berada pada kategori tinggi dengan persentase 53,3%, dengan nilai rata-rata PAI sebesar 79,6 yang berada pada skor 61 – 80. Terdapat Hubungan Belajar Mandiri dengan Prestasi Belajar PAI siswa MTs Negeri 1 Konawe Selatan. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai sebesar 0,615. Nilai koefisien korelasi tersebut, berada pada interval (0,60 – 0,79) dengan kategori kuat dengan nilai koefisien determinasi sebesar 37,82%, yang berarti Belajar Mandiri memberikan kontribusi pengaruh sebesar 37,82% terhadap Prestasi Belajar PAI. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh nilai t sebesar 4,124. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t tabel hitung sebesar 1,701. Dengan demikian, t 4,124 > 1,701 t tabel sehingga H 0 ditolak dan H diterima. Hal ini berarti terdapat hubungan positif dan signifikan antara Belajar Mandiri dengan Prestasi Belajar PAI siswa MTs Negeri 1 Konawe Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belajar Mandiri , Prestasi Belajar
Subjects: Islam (Umum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aldhy Purwanto
Date Deposited: 25 Oct 2017 07:43
Last Modified: 25 Oct 2017 07:43
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item