PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPESTAD (Student Teams Achievement Division ) PADA SISWA KELAS XI 2 JURUSAN BUSANASMK NEGERI 3 KENDARI

ETIKA FITRIYANI, NIM. 08010101024 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPESTAD (Student Teams Achievement Division ) PADA SISWA KELAS XI 2 JURUSAN BUSANASMK NEGERI 3 KENDARI. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.

[img] Text
BAB I ETIKA.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II ETIKA.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB III ETIKA.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB IV ETIKA.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB V ETIKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
cover.docx

Download (74kB)
[img] Text
FORMAT.docx

Download (76kB)
[img] Text
pengantar skripsi.docx

Download (118kB)
[img] Text
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (2).docx

Download (51kB)

Abstract

ABSTRAK ETIKA FITRIYANI, Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas XI 2 Jurusan Busana SMK Negeri 3 Kendari, (dibimbing oleh Hj. Nurseha Gazali dan Rahmawati) Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas XI 2 Jurusan Busana SMK Negeri 3 Kendari”. Masalah utama yang ingin di bahas dalam skripsi ini adalah “Apakah hasil belajar PAI siswa kelas XI 2 Jurusan Busana dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD (Student Teams Achievement Division). Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI 2 Jurusan Busana SMKN 3 Kendari pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini disetting dalam 2 siklus, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Bertindak sebagai guru model adalah peneliti sendiri, berkolaborasi dengan guru yang ada di sekolah yang bertindak sebagai observer. Objek penelitian adalah siswa kelas XI 2 Jurusan Busana yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Dari data penelitian ini diketahui bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD dalam pembelajaran PAI pada kelas XI 2 Jurusan Busana di SMK 3 Kendari dapat meningkatkan aktivitas kelompok siswa dan aktivitas guru. Hal ini dapat dilihat pada pencapaian nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Aktivitas kelompok siswa meningkat dari siklus I dengan nilai rata-rata aktivitas 2,38 kategori kurang baik menjadi 3,5 berkategori baik pada siklus II. Aktivitas guru pun meningkatkan lebih baik dari siklus I dengan nilai rata-rata aktivitas 2,6 berkategori cukup baik menjadi 3,76 berkategori baik pada siklus II. Selain itu, Penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas XI 2 Jurusan Busana di SMK 3 Kendari. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 68,82, dan meningkat sebesar 14,75 % dengan nilai rata-rata siklus II 79,00 pada siklus II. Selain itu jumlah siswa yang telah tuntas belajar meningkat menjadi 16 siswa atau 94,11%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD
Subjects: Islam (Umum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 26 Oct 2017 01:11
Last Modified: 26 Oct 2017 01:11
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item