MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN MODEL SCIENTIFIC SISWA SMAN 6 KENDARI KOTA KENDARI

Lisnawati, NIM. 12010101101 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN MODEL SCIENTIFIC SISWA SMAN 6 KENDARI KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lisnawati, “Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Penerapan Model Scientific siswa SMAN 6 Kendari Kota Kendari,“ Dibimbing oleh Isna Humaerah, S.Ag.,S.Pd.,M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ bagaimana penerapan model pembelajaran scientific pada siswa kelas X MIPA I SMAN 6 Kendari?. Apakah penerapan penggunaan model scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI kelas X MIPA I SMAN 6 Kendari?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Alur penelitian ini terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I dan II, pembelajaran Pendidikan Agama Islam diterapkan dengan menggunakan model scientific. Penelitian ini dilaksanakan pada seluruh siswa kelas X MIPA I SMAN 6 Kendari semester Ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa tes siklus dan lembar observasi bagi guru dan siswa dalam pelaksanaan tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, essay test dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa, sedangkan data sekunder diperoleh dari tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Aktivitas guru pada siklus I baru mencapai 66,25%, meningkat pada siklus II menjadi 95%. Begitu pula aktivitas siswa pada siklus I baru mencapai persentase 53,57% meningkat pada siklus II menjadi 92,85%. Peningkatan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Model scientific membawa dampak positif pada prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Berdasarkan hasil tes tindakan siklus I, ketuntasan klasikal mencapai mencapai 72,98% atau 27 siswa dari 37 siswa yang tuntas KKM atau memperoleh nilai kurang dari 75. Meningkat pada siklus II menjadi 94,60% tuntas secara klasikal, artinya 35 siswa dari 37 siswa tuntas KKM atau memperoleh nilai lebih dari 75. Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model scientific dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X MIPA I SMAN 6 Kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Isna Humaerah, S.Ag.,S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR PAI, SCIENTIFIC
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 01 Nov 2017 00:53
Last Modified: 01 Nov 2017 00:53
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item