MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MATERI KETENTUAN-KETENTUAN DALAM SHALAT MELALUI METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MURID KELAS IV SDN 3 BARUGA KOTA KENDARI

DARNIATI, NIM. 10010101021 (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MATERI KETENTUAN-KETENTUAN DALAM SHALAT MELALUI METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MURID KELAS IV SDN 3 BARUGA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Cover Darniati.docx

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (22kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (13kB)
[img] Text
SKRIPSI DARNIYATI Bab 1-V.docx

Download (660kB)

Abstract

ABSTRAK Darniati, NIM. 10010101021, Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Materi Ketentuan-Ketentuan Dalam Shalat Melalui Metode Pembelajaran Picture and Picture Pada Murid kelas IV SDN 3 Baruga Kota Kendari, Melalui Bimbingan Dra. Hj. St. Kuraedah, M. Ag Skripsi ini mengangkat permasalahan apakah metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pendidikan Agama Islam dengan materi ketentuan-ketentuan dalam shalat pada murid kelas IV SDN 3 Baruga Kota Kendari ?. Bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pendidikan Agama Islam dengan materi ketentuan-ketentuan dalam shalat pada murid kelas IV SDN 3 Baruga Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksnakan di SDN 3 Baruga Kota Kendari, pada kelas IV dengan jumlah 31 orang, yang dilaksnakan dengan 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Dalam mengumpukan data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa, observasi untuk mengumpulkan data tentang aktivitas mengajar guru dengan menggunakan pembelajaran picture and picture. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif, yaitu memaparkan hasil pengamatan dan hasil belajar siswa setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan setelah penerapan metode pembelajaran picture and picture, yaitu pada tes awal murid yang memperoleh nilai > 70 hanya 14 orang atau 45.16 dan sesudah diterapkan naik menjadi 70.97% pada siklus I namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya pada siklus II meningkat dibandingkan menjadi 90.32% atau sekitar 28 orang yang memperoleh nilai > 70 dari jumlah murid secara keseluruhan yaitu 31 orang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 02 Nov 2017 08:29
Last Modified: 02 Nov 2017 08:29
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item View Item