MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MEDIA RANDOM CARDS PADA MURID KELAS Vb SD NEGERI 03 POASIA

N I R M A. T, NIM. 100 101010 49 (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MEDIA RANDOM CARDS PADA MURID KELAS Vb SD NEGERI 03 POASIA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (52kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (21kB)
[img] Text
Daftar Is1.docx

Download (17kB)
[img] Text
Bab I,II,III,IV,V.doc

Download (546kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.docx

Download (16kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.docx

Download (18kB)
[img] Text
Silabus Nirma.docx

Download (20kB)
[img] Text
RPP NIRMA.docx

Download (71kB)

Abstract

ABSTRAK Nirma.T (100 10 10 10 49), ”Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Media Random Cards Pada siswa Kelas Vb SD Negeri 03 Poasia.” Program studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah. Pembimbing: Ir.HJ. Ety Nur Inah, M.Si Penelitian ini di latar belakangi realita bahwa salah satu kesulitan siswa dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam di SD adalah rendahnya hasil belajar PAI. Hal ini di sebabkan karena guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik. Masalah penelitian ini adalah Apakah Hasil Belajar siswa Kelas Vb dapat di tingkatkan Melalui Pemanfaatan Media Random Cards Di SDN 03 Poasia ? Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas Vb pada mata pelajaran PAI melalui pemanfaatan media random cards di SDN 03 Poasia. Manfaat penelitian ini adalah (Kesatu) bagi siswa,memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran yang di ajarkan guru. (Kedua) bagi guru,sebagai salah satu solusi dalam mengatasi minimnya media pembelajaran dalam mengajarkan materi PAI di SD. (Ketiga) bagi sekolah, dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang bermuara pada peningkatan mutu lulusan SD Negeri 03 Poasia. Jenis penelitianini adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang /siklus I dan II meliputi perencanan, pelaksanan, observasi dan refleksi. Data penelitian adalah aktifitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi puasa wajib. Data diperoleh dengan tes dan obsrevasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sebelum dilaksanakan tindakan adalah 26,67% pada siklus I belum tercapai. Dan pada tes pada siklus I ketuntasan belajar siswa secara klasikal 73,34%. Dan pada pelaksanaan siklus ke II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 86,67% (26 dari 30 orang siswa). Artinya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II mencapai 85% ini menunjukkan bahwa siswa mencapai KKM sudah tercapai. Dari hasil penelitian,ini dapat di simpulkan bahwa dari pengelolaan data hasil belajar dapat di ketahui bahwa penggunaan media dalam pembelajaran PAI sangat membantu siswa. Siswa aktif dalam pembelajaran dan dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Random Cards, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 07 Nov 2017 02:46
Last Modified: 07 Nov 2017 02:46
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item View Item