PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS V MIN 2 KONAWE SELATAN MIN 2 KONAWE SELATAN MIN 2 KONAWE SELATAN

AFIFAH, NIM. 13010104025 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS V MIN 2 KONAWE SELATAN MIN 2 KONAWE SELATAN MIN 2 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama Penulis : Afifah NIM : 13010104025 Judul Skripsi : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Siswa Kelas VB MIN 2 Konawe Selatan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, banyak nilai siswa yang belum mencapai nilai KKM Fiqih yaitu 67. Tingkat presentase keberhasilan hanya mencapai 38,89% dengan nilai rata-rata 56,57. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti berinisiatif untuk menerapkan model pembelajaran yang berbeda yaitu pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Adapun model pembelajaran yang dimaksud adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Siswa Kelas VB MIN 2 Konawe Selatan. Model ini menjadi salah satu pilihan peneliti yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas VB MIN 2 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB MIN 2 Konawe Selatan dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri dari 9 perempuan dan 9 laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017, sebanyak 2 siklus yang tiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknis tes, observasi, dan wawancara. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya rata-rata kelas dan presentase ketuntasan belajar mencapai 75%. Berdasarkan penerapan model pembelajaran make a match pada siswa kelas VB MIN 2 Konawe Selatan, hasil aktifitas guru siklus I berturut-turut 79,17%, 79,17%, ketidakaktifan berturut-turut mencapai 20,83%, 20,83%. Sedangkan pada siklus II berturut-turut mencapai 95,83%, 93,54%, ketidakaktifan berturut-turut mencapai 4,17% dan 6,45%. Adapun hasil aktifitas siswa pada siklus I berturut-turut 29,16% dan 25%. Sedangkan aktifitas siswa pada siklus II berturut-turut mencapai 8,33% dan 9,67%. Pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, adapun presentase hasil belajar siswa siklus I yaitu 64,70% dengan nilai rata-rata 68,82. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase mencapai 82,35% dengan nilai rata-rata 75,58 bahkan melebihi indikator yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Erdiyanti, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, MAKE A MATCH , HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 08 Nov 2017 06:26
Last Modified: 08 Nov 2017 06:26
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item View Item