PENGARUH STATUS GIZI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MURID SDN 1 LAMPOPALA KECAMATAN RUMBIA KABUPATEN BOMBANA

MEGAWATI, NIM. 07010101405 (2011) PENGARUH STATUS GIZI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MURID SDN 1 LAMPOPALA KECAMATAN RUMBIA KABUPATEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER JUDUL DIAN.doc

Download (206kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.doc

Download (33kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II DIAN.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB III DIAN.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DIAN.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Megawati Nim: 07010101405 Judul Skripsi “ Pengaruh Status Gizi Terhadap Prestasi Belajar Murid SDN 1 Lampopala Kecamatan Rumbia Kabupaten Bombana dibimbing oleh Bapak Drs. Amri, MTh.I dan Bapak Abbas. T. M.A Peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas telah dikembangkan melaui visi pembangunan kesehatan dengan mengharapkan peningkatan kesehatan, prilaku yang proaktif. Untuk memelihata kesehatan dari ancaman penyakit serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat seluruh upaya tersebut memliki kaitan dengan perbaikan gizi. Dengan melihat masalah yang telah dipaparkan sebelumnya begitu juga halnya yang terjadi di SD Negeri Lampopala dimana menunjukan bahwa terdapat beberapa murid dimana dari hasil observasi penulis menunjukan masalah mengenai prestasi belajar seperti menurunya tingkat prestasi dan bahkan terdapat beberapa murid yang sama sekali kurang menunjukan perkembangan belajarnya berdasarkan data nilai dalam setiap ulangan harian maupun ulangan semester. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1)Apakah murid SD Negeri 1 Lampopala memiliki status gizi yang baik? (2)Apakah murid SD Negeri 1 Lampopala memiliki perestasi belajar yang baik? (3)Apakah terdapat pengaruh antara status gizi dengan prestasi belajar murid di SD Negeri 1 Lampopala. Hasil penelitian tersebut diharapkan Untuk mengetahui pengaruh status gizi terhadap prestasi belajar murid di SD Negeri Lampopala Kec. Rumbia Kab. Bombana dan bermanfaat sebagai bahan masukan kepada sekolah, khususnya bagi guru-guru untuk meningkatkan kualitas dan pemberdayaan tugas dan fungsi UKS dalam lembaga pendidikan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Lampopala Kecamatan Rumbia Kabupaten Bombana. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan quesionaeri (angket), kemudian melakukan interview (wawancara). Data yang diperoleh kemudian diolah dengan lima tahap, yaitu tabulasi angket, uji regresi linear sederhana, pearson produck momen, uji-t dan uji determinasi hingga pada penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara status gizi dan prestasi belajar murid berdasarkan perhitungan α=0,05 dan n=40 dk=n-2=40-2=38 sehingga sehingga diperoleh nilai t tabel= 0,8, ternyata t hitung lebih kecil dari ttabel atau 0,8 ≥0,3. Maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Status gizi dengan prestasi belajar murid di SDN Lampopala. hingga penulis menyarankan bahwa (1) Status gizi pada murid merupakan hal yang harus terus diutamakan dalam pembelajaran (2)Diharapkan kapada semua tenaga pendidik dan orang tua dalam proses pembelajaran sebaiknya memperhatikan kodisi atau status gizi apda murid dalam proses pembelajaran karena hal tersebut memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap prestasi belajar murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Status Gizi, Prestasi Belajar
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sabania Mariona
Date Deposited: 09 Nov 2017 02:15
Last Modified: 09 Nov 2017 02:15
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item