STRATEGI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SD IT AL-QALAM KOTA KENDARI

UMMI KARIMAH, NIM. 11010103068 (2015) STRATEGI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SD IT AL-QALAM KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Q.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK UMMI KARIMAH. NPM: 11010103068, “Strategi Supervisi Kepala Sekolah di SD IT AL-QALAM Kota Kendari“,(dibimbing Oleh Dr. La Ode Abd. Wahab, M.Pd., dan Erdiyanti, S.Ag, M.Pd) Skripsi ini membahas tentang strategi supervisi kepala sekolah di SD IT Al-Qalam, adapun sasaran permasalahan adalah bagaimana strategi supervisi kepala sekolah di SD IT Al-Qalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) pendekatan perencanaan dalam supervisi kepala sekolah di SD IT Al-Qalam Kota Kendari, (2) pendekatan pelaksanaan gagasan dalam supervisi kepala sekolah di SD IT Al-Qalam Kota Kendari, (3) pendekatan teknik pembinaan dalam supervisi kepala sekolah di SD IT Al-Qalam Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yakni penelitian yang menghasilkan data dalam bentuk deskripsi atau gambaran tentang objek yang diteliti. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, adapun teknik analisis data penulis menggunakan pola reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, para guru dan tenaga administrasi. Kemudian pengecekan keabsahan data, penulis menggunakan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan trianggulasi-triangulasi. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yakni: (1) perencanaan dalam supervisi kepala sekolah yakni mengadakan rapat dengan seluruh guru yang selanjutnya dilanjutkan dengan rapat dengan orang tua siswa untuk mengontrol buku ummi pada setiap hari untuk mengetahui kemajuan prestasi siswa tersebut. (2) pelaksanaan supervisi kepala sekolah telah dilaksanakan pada semua kelas dengan baik sesuai hasil pendekatan perencanaan. Adapun supervisi tambahan yang dilakukan kepala sekolah dengan kurikulum Islam Terpadu khususnya mata pelajaran ITQ pada setiap hari dan ekstrakulikuler yakni khalaqoh kids dengan pembina masing-masing pada setiap kelompok. (3) teknik pembinaan dalam supervisi kepala sekolah dengan melksanakan pelatihan di dalam sekolah maupun di luar sekolah dan yang paling penting dalam kebijakan kepala sekolah mengadakan rapor guru untuk kualitas seorang guru yang profesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. La Ode Abd. Wahab, M.Pd., dan Erdiyanti, S.Ag, M.Pd)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI, SUPERVISI, KEPALA SEKOLAH
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 11 Nov 2017 02:10
Last Modified: 11 Nov 2017 02:10
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item