PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTs ASY-SYAFI’IYAH KECAMATAN BARUGA KOTA KENDARI

BURHAN, NIM. 11010101071 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTs ASY-SYAFI’IYAH KECAMATAN BARUGA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (88kB)
[img] Text
BAB I..docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Burhan (11010101071) “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah akhlak di Kelas VIII MTs Asy-Syafi’iyah Kecamatan Baruga Kota Kendari” (dibimbing Dr. Ambar Sri Lestari, M.Pd dan Sodiman, M.Ag) Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah akhlak di Kelas VIII MTs Asy-Syafi’iyah Kecamatan Baruga Kota Kendari”. Masalah utama yang ingin di bahas dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar Akidah akhlak pada siswa kelas VIII di MTs Asy-Syafi’iyah dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Akidah akhlak pada siswa kelas VIII di MTs Asy-Syafi’iyah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTs Asy-Syafi’iyah Kecamatan Baruga Kota Kendari pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dibuat dengan jumlah siklus yang relatif, yaitu disesuaikan dengan kondisi tindakan penelitian nantinya. Yang bertindak sebagai guru model adalah peneliti sendiri, sementara guru yang ada di sekolah bertindak sebagai observer. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat ditingkatkan secara signifikan. Hal ini karena ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 40% dengan nilai rata-rata 69,40 meningkat pada siklus II dengan ketuntasan 80% dan nilai rata-rata 78,40. Aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat ditingkatkan. Hal ini dikarenakan persentase aktivitas siswa pada siklus I hanya mencapai 45,19% pada pertemuan pertama dan 57,69% pada pertemuan kedua, dan meningkat pada siklus II menjadi 83,65% pada pertemuan pertama dan 89,90% pada pertemuan kedua. Kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran Akidah Akhlak dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berjalan dengan maksimal pada setiap siklusnya, karena mencapai persentase yaitu 93,75% pada siklus satu dan 100 % pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ambar Sri Lestari, M.Pd dan Sodiman, M.Ag)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF , MAKE A MATCH, HASIL BELAJAR
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 11 Nov 2017 02:21
Last Modified: 11 Nov 2017 02:21
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item