ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 6 KENDARI

NISMAYANTI, NIM. 12 01 01 01 054 (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 6 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NISMAYANTI. NIM: 12010101054. “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 6 Kendari” (Dibimbing oleh Dr. Hj. Nurseha Gazali, M.Si) Skripsi ini membahas tentang motivasi belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA Negeri 6 Kendari, adapun sasaran permasalahan adalah gambaran motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA Negeri 6 Kendari dan seberapa besar faktorfaktor yang mempengaruhi motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA Negeri 6 Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 6 Kendari dan seberapa besar faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 6 Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Kendari tahun ajaran 2016/2017 yang dilakukan kepada 47 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian kuesioner atau angket kepada siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA Negeri 6 Kendari yang bersumber dari dalam diri sisiwa (motivasi intrinsik) berada pada kategori tinggi yaitu 80,24%, dan motivasi yang bersumber dari luar siswa (motivasi ekstrinsik) berada pada kategori sangat tinggi yaitu 82,66%. Sedangkan secara umum motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA Negeri 6 Kendari berada pada kategori sangat tinggi yaitu: 81,25%. 2) Besarnya faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA Negeri 6 Kendari yaitu: faktor intrinsik yang meliputi cita-cita atau aspirasi siswa, kemampuan siswa, kondisi siswa sebesar 78,19%, sedangkan faktor ekstrinsik yang meliputi unsusr-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran, upaya guru dalam membelajarkan sisiwa, dan kondisi lingkungan siswa sebesar 84,88%. Faktor yang dominan mempengaruhi motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA Negeri 6 Kendari adalah faktor ektrinsik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Nurseha Gazali, M.Si
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI, BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 14 Nov 2017 02:01
Last Modified: 14 Nov 2017 02:01
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item