Pelaksanaan Supervisi Pengawas Dalam Meningkatkan Kinerja Dan Pengembangan Profesionalisme Guru SD/MI di Kec. Katobu Kabupaten Muna

Suwarni, NIM : 14040201006 (2017) Pelaksanaan Supervisi Pengawas Dalam Meningkatkan Kinerja Dan Pengembangan Profesionalisme Guru SD/MI di Kec. Katobu Kabupaten Muna. Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Suwarni NIM : 14040201006 Konsentrasi : Manajemen Pendidikan Islam Tesis : Pelaksanaan Supervisi Pengawas Dalam Meningkatkan Kinerja Dan Pengembangan Profesionalisme Guru SD/MI di Kec. Katobu Kabupaten Muna Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan supervisi pengawas dalam meningkatkan kinerja dan pengembangan profesionalisme guru SD/MI di Kec. Katobu Kab. Muna. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah yaitu untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan supervisi pengawas dalam meningkatkan kinerja dan pengembangan profesionalisme guru SD/MI di Kecamatan Katobu Kabupaten Muna. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan teologis normatif, pedagogis, psikologis. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang terdiri dari Pengawas SD/MI Kec. katobu, ketua pokjawas, pengawas, kepala sekolah, dan guru kelas dan guru Pendidikan Agama Islam. Adapun sumber data sekunder berupa dokumenter yang bersumber dari buku-buku teks seperti majalah, media cetak dan dokumen-dokumen lainnya yang diperoleh dengan cara penelusuran dari berbagai kepustakaan. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, pedoman wawancara, dan check list dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). pengujian keabsahan data yaitu dengan triangulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan ada lima langkah pengawas belum maksimal pelaksanaannya yaitu merencanakan, menginformasikan kunjungan, observasi kelas, supervisi administrasi dan pembicaraan individu sesudah supervisi. Adapun kendala yang dihadapi meliputi kendala internal dari dalam diri pengawas sendiri dan kendala eksternal dari guru dan lingkungannya ketika pelaksanaan supervsi. Langkah pengawas dalam upaya meningkatkan kinerja guru berupa pemberian motivasi untuk meningkatkan kompetensi, motivasi mencintai profesi dan optimalisasi peran KKG. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Kualifikasi pengawas pendidikan agama dan bentuk supervisi yang dilakukan perlu diperhatikan 2) Menyikapi secara positif kendala yang muncul dan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mencari solusi dari kendala yang ada 3) Optimalisasi forum KKG perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak guna perbaikan proses pembelajaran guru sehingga dapat terjadi peningkatan kinerja dan pengembangan profesionalisme guru baik pada guru SD maupun MI Di Kec. Katobu Kab. Muna.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Hasniyati Gani Ali, M. Pd.I dan Dr. H. Abd. Muis D, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Pengawas, Kinerja, Profesionalisme Guru
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 14 Nov 2017 02:35
Last Modified: 14 Nov 2017 02:35
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item