PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQHI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIIIA MTSN WAWORETE KECAMATAN WAWONII TIMUR KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN

EKAWATI, NIM : 10010101075 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQHI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIIIA MTSN WAWORETE KECAMATAN WAWONII TIMUR KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (302kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK EKAWATI, NIM. 10010101075, dengan judul “ Peningkatan Hasil Belajar Fiqhi Siswamelalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Kelas VIIIa Mtsn Waworete Kecamatan Wawonii Timur Kabupaten Konawe Kepulauan yang dibimbing oleh Drs. H. Herman, M. Pd. I sebagai pembimbing I dan Dr La Ode Abdul Wahab, M. Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi. Hal ini disebabkan karena strategi atau metode belajar yang tidak bervariasi (menoton) sehingga suasana Pembelajaran kurang menyenangkan. Melalui penelitian ini penulis mencoba mengatasi problem siswa dengan cara memperbaiki proses belajar mengajar di kelas melalui model pembelajaran Mind Mapping. Masalah yang dikemukakan dalam masalah ini adalah apakah hasil belajar Fiqhi siswa kelas VIIIA MTsN Waworete dapat ditingkatkan melaui Penerapan Model pembelajaran Mind Mapping ? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Pada siswa kelas VIIIA dengan jumlah 22 orang dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran Fiqhi, dengan prosedur penelitian yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi secara berulang selama II siklus. Tekhnik pengumpulan data yaitu data hasil belajar siswa diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan dan data pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil pengamatan kolaborasi selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan instrumen observasi kegiatan guru dan siswa pada saat proses pembelajaran. Dengan indikator kinerja setiap siswa ditetapkan bahwa jika 80% seiap siswa telah mencapai nilai 70, maka kegiatan pembelajaran dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian, serta mencermati hasil refleksi dan bertolak dari pencapaian hasil seluruh siswa pada akhir tindakan siklus II, menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 81,13, dengan persentase keberhasilan kinerja mencapai 90,90% dari jumlah siswa dalam kelas telah mengalami ketuntasan belajar Fiqhi, setelah mengikuti kegiatan pembelajaran melalui tindakan penerapan model pembelajaran Mind Mapping, melalui tindakan ini pula terlihat interaksi belajar dan mengajar berlangsung semakin membaik. Jika di bandingkan dengan target kinerja ketuntasan belajar minimal (KKM) yang di tetapkan sekolah yakni 70, maka dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang cukup signifikan setelah di terapakannya model pembelajaran Mind Mapping

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Herman, M. Pd. I DAN Dr La Ode Abdul Wahab, M. Pd
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, FIQHI, MIND MAPPING,
Subjects: Fiqhi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 14 Nov 2017 07:42
Last Modified: 14 Nov 2017 07:42
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item