MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI MELALUI PENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 02 KODEOHA KEC. TIWU KAB. KOLAKA UTARA

ST. NURLAELA ALI AL-QADRI, NIM : 11010101052 (2015) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI MELALUI PENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 02 KODEOHA KEC. TIWU KAB. KOLAKA UTARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (614kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK ST. NURLAELA AL-QADRI (2015) Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI Melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas VII di SMPN 02 Kodeoha kec.Tiwu Kab. Kolaka Utara. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kendari (Pembimbing Dr. Hj. Siti. Fatimah Kadir, Ma dan Raehang, S.Pd.I, M.Pd.I) Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk melakukan perbaikan pembelajaran di kelas, sebagaimana rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII SMPN 02 Kodeoha?Apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI?Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 02 Kodeoha yang berjumlah 23 orang siswa terdiri dari 9 0rang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2015. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini meliputi 4 tahapan yaitu : perencanaan (planing); pelaksanaan tindakan (action); observasi dan evaluasi (observasion and evaluation); dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan dua kali pertemuan persiklusnya. Instrumen yang digunakan meliputi silabus, rencana pembelajaran, lembar kegiatan siswa (LKS), lembar observasi dan tes. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa sedangkan tekhnik pengumpulan data, meliputi data kuantitatif berupa hasil belajar siswa dari tes atau evaluasi dan data kulitatif yang kemudian di kuantitatifkan mengenai proses dan aktifitas guru serta siswa dalam pembelajaran yang diperoleh melalui lembar observasi yang dilakukan oleh guru bidang studi PAI (observer). Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar PAI siswa melalui Media gambar dapat ditingkatkan. Hasil tes awal siswa sebelum menggunakan media gambar adalah rata-rata 68,04 dengan ketuntasan 0,52% atau 12 siswa tuntas dari 23 siswa, pada siklus I nilai rata-rata 73,26 ketuntasan belajar 65,21% atau 15 siswa yang tuntas meningkat dari ketuntasan tes awal, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa adalah 23 dari 23 siswa atau 100% dengan nilai rata-rata 78,13 mengalami peningkatan dari ketuntasan siklus 1dan dari ketuntasan tes awal. Keberhasilan scenario pembelajaran dilihat dari ketuntasan lembar observasi aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Siti. Fatimah Kadir, Ma dan Raehang, S.Pd.I, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: MINAT BELAJAR, MATA PELAJARAN PAI, MEDIA GAMBAR
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 15 Nov 2017 00:54
Last Modified: 15 Nov 2017 00:54
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item