STARATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 KENDARI

NENENG PATMILESTARI, Nim : 12 01 01 01 034 (2017) STARATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (946kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Neneng Patmilestari Nim 12010101034”Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Kendari”. Program Studi Pendidikan Agama Islam melalui bimbingan Dr. Hj. Nurseha Gazali. M.Si Latar belakang penelitian ini masih terdapat siswa yang belum mampu mengimplementasikan nilai pendidikan karakter dengan baik. hal tersebut dapat dilihat dari terdapat beberapa siswa yang tidak mengikuti peraturan sekolah yang diterapkan seperti merokok pada jam pembelajaran sekolah, bolos pada saat jam pembelajaran berlangsung, tidak memakai seregam yang rapi dan siswa yang terlambat mengikuti apel pagi dilingkungan sekolah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah;1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Kendari? dan 2) Bagaimana Implikasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SMA Negeri 6 Kendari?. Adapun tujuan penelitian ini adalah; (1).Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Kendari. Dan (2).Untuk mendeskripsikan Implikasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SMA Negeri 6 Kendari. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau tulisan dari informan dan perilaku yang dapat diamati. Objek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI dan Siswa SMAN 6 Kendari. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah dengan cara observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Kendari ditemukan dengan cara pemberian intruksi dan pembiasaan yang konsisten, pendekatan personal dan mengintegrasikan urgensi kedisiplinan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. (2) Hambatan strategi guru, dalam membentuk karakter siswa, guru seringkali mengalami hambatan berupa sulitnya memahami kepribadian siswa dan kurangnya kesadaran keluarga yang kurang berpartisipasi (3) Implikasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa SMA Negeri 6 kendari. sebagian besar siswa SMA Negeri 6 Kendari telah mengimplementasikan nilai pendidikan karakter disiplin. Indikator dari hal tersebut dapat dilihat dari mayoritas siswa datang di sekolah tepat waktu, mengerjakan bentuk tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh guru, disiplin waktu belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Nurseha Gazali. M.Si
Uncontrolled Keywords: GURU, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, KARAKTER
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 15 Nov 2017 02:29
Last Modified: 15 Nov 2017 02:29
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item